Banjir Bandang Kabupaten Lahat, 200 KK Terkepung Air

Jumat 10-03-2023,14:52 WIB
Reporter : Umaimah 'Iffat
Editor : Salman Muhiddin

LAHAT, HARIAN DISWAY – Curah hujan tinggi melanda Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan sejak Rabu, 8 Maret 2023 pukul 18.00 WIB hingga Kamis, 9 Maret 2023 pagi.

“Ada 200 KK yang desanya terendam banjir,” terang Kepala Desa Pelajaran, Idil Adha. Area yang terdampak banjir meliputi, Kecamatan Pulau Pinang, Jarai, Mulak Ulu, dan sejumlah daerah lainnya. Selain bajiir ada juga beberapa titik longsor.

Idil Adha juga menceritakan bahwa curah hujan yang tinggi dan berlangsung dalam waktu yang lama, membuat air dari perbukitan di kecamatan Jarai tumpah ke dataran yang lebih rendah. 

Banyaknya air yang turun, membuat sungai Lintang dan Itam tidak mampu menampung air. Pada akhirnya, kedua sungai meluap dan terjadi banjir bandang.

BACA JUGA:Lagi! Penembakan Warga Sipil di Yahukimo Papua, Dua Pemuda Tewas

BACA JUGA:Manchester United Tekuk Real Betis 4-1, Rashford Ajak Pemain dan Fans Lupakan Kekalahan 7-0 dari Liverpool

“Pukul 09.00 hari ini, ketinggian air mencapai 80 centi. Rumah-rumah warga yang permanen atau terbuat dari beton, terendam air. Sebagian lainnya, yang rumahnya berbentuk panggung, tidak terendam,” ungkap Kepala Desa Pelajaran ketika ditanya Sumeks.co, Kamis, 09 Maret 2023.

Sejak Kamis, warga yang rumahnya terendam banjir diarahkan ke tempata yang lebih tinggi. Salah satunya balai desa. Rumah panggung warga yang tak terendam banjir juga jadi pengungsian. (Umaimah ‘Iffat)

Kategori :