3 Aktivitas Sederhana di Rumah yang Bikin Umur Panjang

Rabu 30-08-2023,23:44 WIB
Reporter : Wehernius Irfon
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Siapa yang tidak iri melihat orang berumur panjang? Tak sekadar umur panjang, tapi juga sehat dan bugar di usia senja.

Itulah yang dialami warga di kota-kota yang dikategorikan sebagai Zona Biru (Blue Zone). Bagi mereka, tak sulit mencapai usia 100 tahun.

Zona Biru dikenal sebagai tempat-tempat yang penduduknya memiliki harapan hidup paling tinggi.Rata-rata usia warganya lebih dari 80 tahun.

Kondisi tubuh mereka sangat bugar dan sehat. Jarang terserang penyakit. Padahal mereka tidak perlu banyak bergerak, bahkan pergi ke gym sekalipun.

BACA JUGA: Mengenal Quiet Quitting, Rahasia Awet Muda yang Dilakukan Penduduk Kota Zona Biru


MENGENAL quiet quitting, kebiasaan yang diterapkan masyarakat Zona Biru untuk tetap awet muda. Inilah Dan Buettner yang meneliti Blue Zones.-Blue Zones-National Geographic

Italia, Yunani, Jepang, dan Kosta Rika. Empat negara yang memiliki kota Zona Biru. Tepatnya Okinawa (Jepang), Sardinia (Italia), Nicoya (Kosta Rika), serta Ikaria di Yunani.

Keseharian dan rutinitas mereka diceritakan dalam serial dokumenter Live to 100: Secrets of the Blue Zones. Serial ini tayang perdana pada 30 Agustus 2023 di Netflix.

Dan Buettner, penulis dan penjelajah National Geographic, menuangkan pengalaman orang-orang berumur panjang di serial tersebut.

BACA JUGA: Latih Kebugaran sejak Muda Bisa Terhindar dari Berbagai Jenis Kanker

''Penduduk Zona Biru memiliki tingkat diabetes, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya yang sangat rendah,'' ujar Buettner, dalam wawancaranya bersama Insider.

''Hal itu karena mereka melakukan gerakan alami yang dilakukan di rumah. Di saat mereka mengerjakan tugas-tugas rumah. Seperti, menyiangi dan menyiram taman, atau pekerjaan lain yang dilakukan dengan tangan,'' sambung Buettner. 

BACA JUGA: Coba 7 Kebiasaan Saat Bangun Tidur Ini


MENGENAL quiet quitting, kebiasaan yang diterapkan masyarakat Zona Biru untuk tetap awet muda. Para nenek dari Okinawa, Jepang, ini sudah berusia 100 tahun. -Blue Zones-

Dengan melakukan kebiasaan tersebut, manfaat tubuh sehat akan didapat. Sebanding dengan orang yang sering berolahraga. 

Kategori :