Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023: Pembekalan Tim untuk menuju Pacitan dan Malang

Selasa 12-09-2023,08:52 WIB
Reporter : Noor Arief Prasetyo
Editor : Noor Arief Prasetyo

Sedang di hari pertama, tim zona timur akan mendatangi Desa Sengguruh, Kepanjeng, Kabupaten Malang. Tim dengan jurnalis Taufiqur Rahman, akademisi Drs Gitadi Tegas Supramudyo M.Si, dan fotografer Boy Slamet diperkirakan sampai di lokasi penjurian pada pukul 08.30. Dan penjurian akan dilakukan hingga pukul 11.00 WIB.

Desa Sengguruh yang secara geografis merupakan dataran rendah. Kondisi jalan di wilayah Desa Sengguruh tergolong baik, sebagian besar jalan aspal. Penerangan jalan, jembatan, dan saluran irigasi memadai. Seluruh rumah juga sudah teraliri listrik PLN, sumber air minum berasal dari sumur dan PDAM.

Dalam mendukung program ketahanan pangan, Pemerintah Desa Sengguruh bersama Kelompok Wanita Tani membuat KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dengan harapan setiap rumah dapat menanam sayur mayur untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan untuk menambah pendapatan ekonomi, selain KRPL juga ada saluran kanal yang dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan air tawar.

“Pemanfaatan kanal sebagai tempat budidaya ikan tawar sangat menarik untuk didatangi. Termasuk melihat dampaknya pada masyarakat,” terang Gitadi. (*)

 

Kategori :