SURABAYA, HARIAN DISWAY - Merayakan hari jadinya yang ke-59, Stikosa AWS menggelar Content Creator Workshop and Competition, Kamis, 2 Oktober 2023. Workshop ini menghadirkan kreator konten dan Youtuber Mochammad Rizki alias Mochtret dan Muhammad Arkansyah, dosen video dan fotografi.
"Memproduksi konten kreatif itu tidak susah. Asalkan kita benar-benar memahami tiga hal terpenting yang wajib dilakukan, yaitu apa kamu suka; Apa yang kamu bisa; Dan Apa yang kamu punya," ungkap Mochammad Rizki di depan ratusan peserta workshop yang diadakan di Ruang Multimedia, Kampus Stikosa AWS, Surabaya ini.
Alumnus Stikosa AWS ini kemudian menjelaskan, apa yang kamu suka berarti seorang kreator konten harus memahami apa yang benar-benar disukai. Dengan memahami hal ini, interval produksi kontennya bisa lebih pendek alias dapat terus berkelanjutan dan sebanyak-banyaknya.
“Jadi apa yang kamu sukai, misalnya suka tentang make up, mulailah fokus membuat konten tentang beauty make up. Bisa sih seseorang membuat konten dari yang tidak disukainya, tapi kesannya memaksakan diri, ingin meniru tapi akan susah memulainya, semata mengejar obsesi seperti kreator konten yang sudah sukses,” ungkapnya.
Peserta Workshop Content Creator yang digelar di Stikosa-AWS. -Istimewa-
BACA JUGA: Pemkot Surabaya Gandeng Stikosa AWS Penguatan Kualitas Komunikasi Publik
BACA JUGA: Pelantikan Ketua Stikosa AWS, Suprawoto Kritisi Pendirian Prodi
Setelah itu, lanjut Moch Rizki, kita jalankan apa yang kita bisa? Apa yang kita sukai akan jadi angan-angan jika kita tidak bisa menjalankan produksi kontennya. “Misalnya kita suka traveling, tapi kita tidak bisa menjalankan aktivitas traveling untuk dijadikan konten,” imbuhnya.
Sementara apa yang kamu punya, adalah gagasan membuat konten itu memang memerlukan modal. Besar atau kecil tentu relatif.
“Membuat konten memang butuh modal. Misalnya hal yang sederhana saja, kita butuh beli hape untuk memproduksi konten, mulai dari membuat bahan konten, mengedit dan mengkreasikan hingga mengunggah kontennya,” tambah Rizki.
Setelah memahami apa saja dari tiga hal tersebut, lalu berikutnya lakukan upload atau unggah produksi kontennya ke media sosial.
BACA JUGA: IKA Stikosa AWS Gelar Bazar Peduli Bareng GUSDURian Peduli
BACA JUGA: Stikosa AWS Bergerak: Kronologi Konflik, Tudingan Pembredelan LPM hingga Ancaman UU ITE
Lalu bagaimana cara memperoleh respon positif di platform medsos? Moch Rizki pun menjelaskan rahasia suksesnya selama ini sebagai kreator konten dan Youtuber. Yaitu formula strong hook.
Secara umum, formula strong hook dia media sosial adalah teknik atau strategi yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca atau penonton dan membuat mereka tertarik untuk membaca atau menonton konten lebih lanjut.