Pemkot Surabaya Gandeng Stikosa AWS Penguatan Kualitas Komunikasi Publik

Pemkot Surabaya Gandeng Stikosa AWS Penguatan Kualitas Komunikasi Publik

Dr Jokhanan Kristiyono ST M.Med. Kom., pakar komunikasi dari Stikosa AWS memaparkan materi.-Dokumen Stikosa-AWS-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Untuk meningkatkan kualitas layanannya, Pemerintah Kota Surabaya melibatkan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (Stikosa AWS) dalam Forum Konsultasi Publik

Forum ini melibatkan seluruh aparat dan unit layanan di tingkat kecamatan di Surabaya Barat, Timur, Utara, dan Selatan. Pelaksanaan forum ini diawali dengan gelaran di wilayah Surabaya Barat, yang berlangsung di Gedung Pandansari, Kelurahan Kandangan, Kecamatan Benowo, Rabu (11/10/2023) malam.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan Kecamatan Tandes, Asemrowo, Sukomanunggal, Benowo, Pakal, Lakarsantri, dan Sambikerep.

Dr Jokhanan Kristiyono ST M.Med. Kom., pakar komunikasi dari Stikosa AWS, salah satu narasumber Forum Konsultasi Publik menyajikan materi bertajuk 'Komunikasi Efektif dalam Layanan Publik di Surabaya (dengan melibatkan) Peran Kecamatan dan Kelurahan'. 

BACA JUGA:Pelantikan Ketua Stikosa AWS, Suprawoto Kritisi Pendirian Prodi

BACA JUGA:IKA Stikosa AWS Gelar Bazar Peduli Bareng GUSDURian Peduli

Jokhanan mengatakan, ada sembilan kunci komunikasi yang menjadi aspek krusial dalam layanan publik di lingkungan kecamatan dan kelurahan se- Surabaya. 

Yaitu informasi yang jelas dan aksesibel, pertisipasi warga Surabaya, transparansi dan akuntabilitas layanan publik dari kelurahan dan kecamatan, penyelesaian masalah yang cepat, kepuasan masyarakat, peningkatan efektivitas dan efisiensi, reputasi positif, Keamanan dan kedaruratan, serta kepatuhan terhadap hukum dan peraturan Pemkot Surabaya

Dalam konteks layanan publik terkait capaian peningkatan efektivitas, Jokhanan yang juga tercatat sebagai Ketua Stikosa AWS ini menjelaskan, bagaimana peningkatan kesadaran masyarakat tentang layanan kependudukan tercapai dengan sebaik-baiknya. 

“Terkait efisiensi, bagaimana cara menghemat waktu dalam penyebaran informasi kepada warga kota Surabaya tersampaikan dengan cepat dan tepat sesuai harapan Pemkot Surabaya,” tandas Jokhanan. 

BACA JUGA:Stikosa AWS Bergerak: Kronologi Konflik, Tudingan Pembredelan LPM hingga Ancaman UU ITE

BACA JUGA:Muda dan Pemberani: Mahasiswi Stikosa-AWS Gegeran dengan Kampusnya Sendiri

Ia berpesan, pentingnya peran aktif jajaran stake holder Pemkot Surabaya  hingga tingkat kelurahan dan kecamatan, dalam penyampaian komunikasi yang efektif. 

Peran kelurahan sebagai garda depan dalam komunikasi layanan publik sangat penting, karena mereka setiap saat berinteraksi langsung dengan warganya. Sehingga pemahaman secara mendalam tentang kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi warga dapat diketahui dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: