Mengenal Makna Bunga Edelweis yang Disebut Bunga Abadi

Minggu 12-05-2024,08:10 WIB
Reporter : Meila Rizqya Putri Yosenda
Editor : Heti Palestina Yunani

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Bunga edelweis yang secara ilmiah dikenal sebagai Leontopodium alpinum, merupakan sejenis bunga yang tumbuh di daerah pegunungan tinggi, terutama ditemukan di daerah Alpen Eropa.

Meskipun kecil dan tumbuh di lingkungan yang keras dan penuh tantangan, keindahan serta ketahanannya menjadi simbol keabadian, keberanian, dan keteguhan. Di beberapa budaya, edelweis memiliki makna khusus.

Misalnya, dalam budaya Austria dan Swiss, bunga ini sering dikaitkan dengan cinta dan keberanian. Banyak orang menghubungkannya dengan keindahan alam liar pegunungan dan sering kali menjadi hadiah simbolis yang menunjukkan kasih sayang dan kepercayaan.

BACA JUGA: Hati-hati! Gaya Hidup ini Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes

Bunga ini menjadi simbol keabadian karena kemampuannya untuk tumbuh dan mekar di tengah-tengah lingkungan yang keras dan berbatu, di mana tanaman lain mungkin sulit untuk berkembang. 

Mencerminkan tekad yang kuat dan keteguhan dalam menghadapi rintangan. Menjadi sifat yang sering dikaitkan dengan orang-orang yang menghadapi tantangan dalam hidup mereka.

Selain itu, bunga edelweis juga sering dianggap sebagai simbol kecantikan yang murni dan tak mudah terjamah oleh sembarang orang. Kemampuannya untuk tetap mekar di tengah-tengah keindahan alam liar tanpa terpengaruh oleh kondisi sekitarnya.

BACA JUGA: Tak Hanya Mepamit, Yuk Ketahui 11 Prosesi dan Makna Pernikahan Adat Bali

Makna ini menginspirasi banyak kalangan untuk tetap mempertahankan kecantikan dan integritas dalam diri mereka, bahkan ketika mereka dihadapkan pada kesulitan atau godaan.

Sungguh keindahannya membuat sepasang mata terlena dan siapa yang tak suka jika mendapat edelweis cantik nan elok ini. Di balik itu, juga tersimpan banyak legenda bercerita tentang seorang pria yang rela mengorbankan nyawa untuk menunjukkan cintanya. 

Pengorbanan ini untuk membawa kembali bunga edelweiss kepada wanita yang ia sayangi. Tetapi setiap legenda memiliki akhir yang tragis. Orang itu hilang dan kemudian diketahui meninggal di pegunungan.

BACA JUGA:Anda Suka Koleksi Tas? Begini Cara Menyimpannya Agar Tak Berjamur

Jadi simbol penggambaran cinta yang abadi meskipun kematian memisahkan mereka. Bunga edelweis bukan hanya sekadar tanaman yang apik, tetapi juga punya arti yang sangat dalam hingga membuat hati berdecak kagum.

Meski begitu, Bunga Edelweis termasuk salah satu tanaman yang dilindungi oleh undang-undang. Hal itu telah tertuang dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990.

Yakni tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pasal 33 ayat (1) dan (2) yang berbunyi: "Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional."

Kategori :