Hati-hati! Gaya Hidup ini Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes

Hati-hati! Gaya Hidup ini Bisa Meningkatkan Risiko Diabetes

Anda harus waspada dan mengenali gaya hidup tidak sehat yang bisa memicu penyakit diabetes dan dampaknya luar biasa bagi tubuh. --freepik

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Banyak sekali faktor yang bisa memicu diabetes. Bisa karena faktor genetik, gaya hidup, atau pola makan yang tidak sehat. Tapi yang jelas, sebaiknya hindari karena akan sangat menganggu kesahatan Anda jika sudah terkena. 

Diabetes terdiri dari beberapa tipe, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional yang terjadi pada wanita hamil. Dari ketiga jenis itu, diabetes tipe 2 bisa kita cegah. Mulailah dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Berukutnya dengan memerhatikan asupan makanan serta minuman yang dikonsumsi. Anda harus waspada terhadap beberapa kebiasan buruk atau gaya hidup yang tidak sehat dan bisa memicu penyakit diabetes. Intinya, kenali sebelum terlambat!

1. Obesitas


Obesitas jadi salah satu penyebab utama diabetes yang tidak bisa diremehkan. --istockphoto

BACA JUGA: Merasa Kulit Lebih Putih saat Merantau, Kusam saat Pulang Kampung? Begini Penjelasannya 

Obesitas adalah kondisi di mana seseorang memiliki kelebihan lemak tubuh yang signifikan dan ini bisa berdampak serius pada kesehatan. Termasuk memicu diabetes tipe 2.

Ketika seseorang mengalami obesitas dan lemak yang berlebih, terutama di area perut, dapat menyebabkan resistensi insulin.

Ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin, artinya sel-sel tidak merespons insulin sebagaimana mestinya dan mengakibatkan gula darah meningkat.

BACA JUGA: Anda Suka Koleksi Tas? Begini Cara Menyimpannya Agar Tak Berjamur

Jika resistensi insulin terus berlanjut, pankreas akan berusaha memproduksi lebih banyak insulin untuk mengimbangi resistensi tersebut.

Namun, pankreas memiliki batas kemampuannya dan pada titik tertentu produksi insulin tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh. Ini menyebabkan gula darah tetap tinggi yang pada akhirnya bisa berkembang menjadi diabetes tipe 2.

2. Pola makan yang tidak sehat


Anda perlu waspada untuk memilih dan mengatur makanan serta minuman yang akan dikonsumsi. Seperti minum manis misalnya, kandungan gula yang tinggi bisa sebabkan diabetes. --Getty Images

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: