PLN Siap Dukung KTT WWF di Bali, Perkuat Sistem Kelistrikan Jaringan Paiton-Situbondo

Minggu 12-05-2024,13:19 WIB
Reporter : Agustinus Fransisco
Editor : Salman Muhiddin

PROBOLINGGO, HARIAN DISWAY - Mendekati acara internasional KTT WWF (Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum) yang berlangsung pada  18 - 25 Mei di Bali. PLN menegaskan komitmennya untuk menjaga kelancaran pasokan listrik guna mendukung suksesnya rangkaian acara tersebut.

Dalam rangka memastikan keselamatan sistem kelistrikan secara keseluruhan, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) terus melakukan pemantauan terhadap salah satu komponen penting kelistrikan. 

Hal yang menjadi perhatian PLN adalah sistem kelistrikan pada jaringan SUTT/SUTET (Saluran Udara Tegangan Tinggi/Ekstra Tinggi).

BACA JUGA:PLN Berikan Beasiswa Kepada 232 Pelajar SMP-SMA dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional


Petugas PLN saat melakukan pemeliharaan dan perkuatan sistem kelistrikan penyaluran Paiton-Situbondo, 10 Mei 2024-Media PLN UID Jawa Timur-

Menurut Amiruddin, General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM), pemeliharaan dilakukan untuk memperkuat sistem kelistrikan penyaluran Paiton-Situbondo.

Dia juga menambahkan kalau UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Probolinggo berhasil melakukan penggantian PMT di GI (Gardu Induk) 150 kV Situbondo Bay Paiton 1 dalam satu hari kemarin (Jumat, 10/5).

"PMT berfungsi sebagai pemutus aliran listrik pada peralatan jika terjadi gangguan atau jika peralatan tersebut akan diperbaiki secara offline. Penggantian ini dilakukan setelah hasil uji menunjukkan penurunan performa peralatan," jelas Amiruddin.

BACA JUGA:PLN Gelar Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024: Dukung Akselerasi Kendaraan Listrik Indonesia


PLN menghimbau dukungan masyarakat untuk ikut menjaga keandalan sistem kelistrikan dengan tidak membahayakan jaringan transmisi-Media PLN UID Jawa Timur-

Amiruddin juga menyebutkan bahwa selama proses pemeliharaan, akan ada tim khusus yang terlibat, termasuk seorang wanita. 

Wanita tersebut juga akan mengenakan peralatan lengkap seperti mobile crane 5 ton, manlift, scaffolding, tool set, commisioning set, dan gas handling SF6.

Tim khusus itu tersebut juga ikut serta dalam mengganti MTU (Material Transmisi Utama) sebagai langkah preventif untuk meningkatkan keandalan sistem.

"Tujuan penggantian peralatan yang mengalami penurunan performa adalah untuk menghindari gangguan pasokan listrik yang mungkin terjadi," lanjut Amiruddin.

BACA JUGA:Kerjasama Dengan DLH Surabaya, PLN Tanam 400 Pohon Bambu di Area Sabuk Hijau TPA Benowo

Kategori :