PLN Gelar Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024: Dukung Akselerasi Kendaraan Listrik Indonesia

PLN Gelar Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024: Dukung Akselerasi Kendaraan Listrik Indonesia

Pembukaan PEVS 2024 dihadiri oleh Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, 30 April 2024-Media PLN UID Jawa Timur-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Jenderal TNI (Purn) Moeldoko secara resmi membuka Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS). Acara itu bakal dibuka untuk umum 5 Mei mendatang untuk mengajak  masyarakat beralih dari kendaraan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV).

Moeldoko yang menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia dan Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) itu menjelaskan bahwa PEVS ke-3 ini bukan sekadar pameran, melainkan bagian dari sosialisasi  pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Pameran itu dilandaskan pada Peraturan Presiden No. 79 tahun 2023, tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

BACA JUGA:Kerjasama Dengan DLH Surabaya, PLN Tanam 400 Pohon Bambu di Area Sabuk Hijau TPA Benowo


PEVS 2024 digelar di digelar di JIEXPO Kemayoran, 30 April 2024-Media PLN UID Jawa Timur-

"Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam mensosialisasikan Keputusan Presiden Nomor 79 mengenai pengembangan EV Indonesia. Oleh karena itu, Periklindo berperan penting dalam melakukan sosialisasi dan edukasi agar pemahaman tentang EV semakin meluas di masyarakat Indonesia," kata Moeldoko. 

Gelaran PEVS 2024 diharapkan dapat menjadi wadah efektif untuk menghubungkan produsen dengan konsumen. Tak hanya itu PEVS 2024 juga bertujuan menjadi showcase bagi para stakeholder, seperti PLN, untuk menunjukkan kesiapan infrastruktur EV di Indonesia.

Dalam pameran ini, 116 peserta turut serta, termasuk produsen kendaraan roda empat, produsen roda dua, dan perusahaan pendukung ekosistem EV.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa kehadiran PLN dalam PEVS untuk ketiga kalinya merupakan dukungan konkret terhadap akselerasi kendaraan listrik di Indonesia. Selaras dengan langkah transisi energi menuju Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

BACA JUGA:Proliga 2024: Cara Beli Tiket Lewat Aplikasi PLN Mobile, Bisa Dapat Diskon Voucher Listrik

"Peralihan kendaraan listrik dari kendaraan BBM juga membantu mengurangi ketergantungan pada energi impor, yang kotor dan mahal, ke energi berbasis domestik yang bersih dan murah," lanjut Darmawan.

PLN turut menampilkan berbagai ekosistem pendukung EV, termasuk varian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU), kendaraan konversi BBM ke listrik, kendaraan hydrogen, fasilitas test drive, dan berbagai promo untuk menarik masyarakat agar menggunakan kendaraan listrik.

Melalui fitur EV Digital Services (EVDS) di aplikasi PLN Mobile, PLN juga memudahkan pengguna EV dalam mengakses informasi terkait SPKLU, SPBKLU, SPLU, fitur Home Charging, dan pembelian kendaraan listrik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: