Batuk Karena Asam Lambung: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Rabu 29-05-2024,23:19 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Heti Palestina Yunani

BACA JUGA: Waspada! Legionellosis Mirip Covid-19: Gejala Batuk Berdahak Hingga Sesak Napas

Cara Mengatasi Batuk Karena Asam Lambung


Batuk karena asam lambung: penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Foto: Cara mengatasi batuk karena asam lambung. --Ilustrasi

Ciri batuk akibat asam lambung sering kali berupa batuk kering, yang sering mengganggu saat tidur atau berkonsentrasi pada aktivitas lainnya. Kondisi ini dapat mengganggu secara signifikan jika tidak segera ditangani.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala batuk akibat asam lambung.

1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Meningkatkan asupan air putih hangat dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengurangi iritasi pada kerongkongan. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala batuk.

BACA JUGA: Apakah Gejala Serangan Jantung sama dengan Gejala Maag?

2. Minum Air Jahe

Jahe memiliki sifat anti radang yang dapat membantu meredakan peradangan di lambung dan mengurangi produksi asam lambung. Namun, pastikan untuk mengonsumsi jahe dalam jumlah yang tepat agar tidak memicu masalah lain seperti perut kembung.

3. Menggunakan Alat Pelembab Udara

Memastikan kelembaban udara di dalam ruangan dapat membantu meredakan batuk kering, termasuk yang disebabkan oleh asam lambung. Namun, pastikan alat pelembab udara tetap bersih untuk menghindari memperburuk gejala batuk.

4. Mengonsumsi Obat Asam Lambung

Obat-obatan seperti H2 blockers, prokinetik, mukoprotektor, proton pump inhibitor, dan antasida dapat membantu mengatasi GERD atau asam lambung.

BACA JUGA: 5 Manfaat Tanaman Legundi bagi Kesehatan Tubuh

Dengan usaha mengurangi produksi asam lambung, memperbaiki kerja lambung, melindungi dinding lambung, dan menetralkan asam lambung dapat mengurangi batuk yang ditimbulkan dari penyakit tersebut.

Kategori :