Laporan Haji 2024 (36): Jelang Puncak Haji, Persiapan 100 Persen, Fasilitas Lebih Baik Daripada Tahun Lalu

Kamis 13-06-2024,09:58 WIB
Reporter : Tomy Gutomo
Editor : Tomy Gutomo

Jamaah akan bermalam di Mina untuk persiapan lontar jumrah di Jamarat. Satgas Operasional Armuzna, kata Harun, juga membentuk satgas khusus Jamarat. Mereka akan berjaga pada 10-13 Zulhijah atau 16-19 Juni 2024. 

"Kami membentuk pos-pos di rute Jamarat untuk memantau pergerakan jamaah yang akan melontar jumrah, baik itu di lantai 3 yang ada di Mina maupun di lantai bawah atau dasar yang menuju Makkah," ujarnya.


Kepala Saruan Operasional Armizna PPIH Kolonel Harun Ar-Rasyid.--Media Center Haji

Skema dan skenario ini khusus untuk jamaah haji reguler yang tidak ikut dalam skema murur di Muzdalifah maupun safari wukuf. PPIH juga memfasilitasi sekitar 55 ribu jamaah yang murur atau hanya melintas di Muzdalifah. Mereka yang murur adalah jamaah lansia, disabilitas, memiliki risiko tinggi secara medis, dan para pendampingnya.

Untuk jamaah haji yang sakit, PPIH menyiapkan skema safari wukuf. Jamaah yang sakit akan mengikuti wukuf dari dalam bus. Mereka tidak turun dari bus saat di Arafah. Jamaah yang sakit ini juga diwakilkan untuk melontar jumrah di Mina.

Persiapan di Armuzna

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama rombongan Amirul Haj mellihat persiapan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Banyak fasilitas baru bagi jamaah haji Indonesia bila dibandingkan dengan musim haji tahun lalu.

Gus Men –sapaan Menag Yaqut Cholil Qoumas– secara detail melihat semua fasilitas yang akan dinikmati para jamaah haji Indonesia. Mulai dari tenda, toilet, AC, dapur, hingga tempat ibadah. 

Dari pantauan Gus Men, persiapan sudah terlihat 100 persen. Selain sudah bisa dinyatakan siap, kualitas dari fasilitas tersebut juga mengalami perbaikan yang signifikan. 

”Segala upaya sudah kita lakukan. Kita juga sudah cek semua fasilitas. Banyak perubahan yang dilakukan pihak masyariq. Sekarang tinggal Bismillaahi Tawakkaltu Alallaah. Kita bertawakal kepada Allah. Semoga layanan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan makin baik,” kata Yaqut saat berada di Arafah, Selasa, 11 Juni 2024.

Kualitas tenda di Arafah untuk penginapan jamaah juga berbeda. Masyariq, vendor yang dipercaya Kemenag, menyiapkan tenda-tenda dengan spesifikasi yang lebih bagus. Termasuk di maktab 39 yang ditinjau menag. (*) 

 

 

 

 

 

Kategori :