Keistimewaan Puasa Ayyamul Bidh Setelah Hari Tasyrik, Lakukan di Tanggal Ini

Rabu 19-06-2024,16:51 WIB
Reporter : Ilmi Bening
Editor : Retna Christa


Bacaan niat puasa Ayyamul Bidh dan tata caranya.--ilustrasi

Sebelum melakukan puasa Ayyamul Bidh hendaknya membaca doa niat terlebih dahulu. Adapun niat puasa Ayyamul Bidh Adalah sebagai berikut:

"Nawaytu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta’âlâ." Yang artinya. "Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.

BACA JUGA:Khasanah Ramadan (25): Puasa itu “THR”

Sebelum melakukan puasa Ayyamul Bidh, kita hendaknya melakukan sahur sebelum Subuh tiba. Seperti puasa Ramadan biasa. Berbuka juga pas di saat masuk waktu Maghrib.

Adapun keistimewaan puasa Ayyamul Bidh, menurut KH Ahmad Bahauddin Nursalim, puasa tiga hari setelah Hari Tasyrik sama dengan puasa 30 hari lamanya. Sehingga sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

"Sebab setiap satu hari bernilai 10. Berarti kalau tiga hari itu bernilai 30," tutur kyai yang akrab disapa Gus Baha tersebut dalam YouTube Santri Gayeng.

BACA JUGA:Mengajari Anak Untuk Berpuasa Tanpa Paksaan

BACA JUGA:Ada Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Wajibnya Puasa Ramadan

Kitab At-Tuhfah Al-Muhtaj karya Ibnu Hajar juga memuat penjelasan tentang keistimewaan Puasa Ayyamul Bidh. "Barang siapa berpuasa tiga hari setiap bulan, maka ia telah menunaikan haknya puasa, dan barangsiapa yang setiap hari membaca 100 ayat, maka dia telah menunaikan haknya membaca Quran."


Ilustrasi. Puasa Ayyamul Bidh, niat, tata cara, dan keistimewaannya.-Foto/Freepik-

Gus Baha menerangkan bahwa amalan membaca ayat-ayat Munjiyat yang ada tujuh itu juga lebih utama. Apa saja ayat-ayat Munjiyat yang dimaksud?

Ayat Munjiyat yang disebut Gus Baha yaitu seperti Alif Lam Mim Tanzil, Yasin, Fussilat, Ad-Dukhan, Al-Waqiah, Al-Hasyr, dan Al-Mulk.

Selain berpuasa dan membaca ayat Munjiyat, Gus Baha juga menyarankan agar membaca awal surat Al-Hadid dan akhir surat Al-Hasyr setiap pagi dan sore.

BACA JUGA:5 Gerakan Yoga Saat Puasa, Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Bisa juga ditambahkan dengan amalan membaca surat Al-Ikhlas dan Mu’awwidzatain masing-masing sebanyak tiga kali, serta bersedekah setiap hari Jum’at.

Kategori :