Naik Haji Bersama Mabruro (16): Semangat Dipompa Lagi, Lanjut Tawaf dan Sai Hari Ini

Kamis 20-06-2024,08:19 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

Para jamaah haji khusus Mabruro Tour & Travel sudah menunaikan Nafar Tsani di Mina. Mereka melontar jumrah di Jamarat tiga hari berturut turut mulai 11-13 Dzulhijjah. Hari ini dilanjutkan dengan menuntaskan rukun haji terakhir, yakni tawaf ifadah dan sai.

—---

Proses pelaksanaan lontar jumrah ketiga berlangsung lancar. Para jamaah haji khusus Mabruro berangkat agak akhir. Tepat pukul 03.15 dini hari Waktu Arab Saudi (WAS), Rabu, 19 Juni 2024.

Tentu tak perlu berdesak-desakan seperti dua hari sebelumnya. Kali ini jalanan lengang. Bahkan mereka bisa mabit di Mina cukup lama. Lebih dari setengah jam. 

“Sepi. Polisi juga nggak ngusir karena memang lengang” jelas Pembimbing Ibadah Haji Khusus Mabruro Tour & Travel KH Mochamad Misbach saat dihubungi, tadi malam. Lontar jumrah ula, wustha, dan aqabah ketiga ini memang tak dilakukan semua jamaah. Sebab, lontar jumrah cukup dilakukan dua kali (Nafar Awal) sebagaimana tuntunan rukun haji.

Bagi yang ingin melaksanakan ketiga kali tentu tak mengapa. Malah lebih afdal. Dan biasanya dilakukan oleh para jamaah haji khusus yang lokasi menginapnya dekat dengan Jamarat. Meski, kata Misbach, ada juga sejumlah rombongan jamaah haji reguler yang menuntaskan lontar jumrah tiga kali. 

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (15): Lebih Afdal, Jamaah Bisa Nafar Tsani di Mina

Rombongan jamaah haji khusus Mabruro baru tiba di Jamarat pukul 03.45 dini hari. Perjalanan ditempuh dengan jalan kaki. Hanya 30 menit. Tak seperti dua hari sebelumnya yang butuh waktu lebih dari satu jam.


Keriangan para jamaah haji khusus Mabruro saat jalan kaki menuju Jamarat.-Mabruro for Harian Disway-

Pelaksanaannya juga tak jauh beda dari sebelumnya. Bagi jamaah haji lansia tetap didorong menggunakan kursi roda. Jamaah satu sama lain pun saling menyemangati.

Setelah itu, mereka kembali ke hotel. Beraktivitas seperti biasanya. Istirahat dan melaksanakan ibadah mandiri. Mereka disiplin menjaga kesehatan masing-masing. Sambil dikontrol terus oleh dr Christiana Wahyuningrum dari pihak Mabruro.

Kesehatan para jamaah memang menjadi prioritas. Apalagi rangkaian ibadah haji belum selesai. Masih ada tawaf dan sai yang akan dilaksanakan hari ini.

Untuk itu, petugas Mabruro juga tetap memberi pembekalan rohani. Selepas salat ashar berjamaah di musala Hotel Suites Almaqam, mereka mendapat ceramah dari Misbach. Kali ini temanya seputar pahala ibadah haji.

BACA JUGA:Naik Haji Bersama Mabruro (14): Tetap Kompak Tunaikan Lontar Jumrah Ula, Wushta, dan Aqabah

“Tadi saya uraikan pahala-pahala apa saja yang diberikan Allah kepada orang-orang yang pergi haji,” terang Misbach. Misalnya, pahala orang berhaji setara dengan orang yang berjuang di Jalan Allah (jihad fisabilillah). Orang-orang berhaji termasuk golongan yang doanya dikabulkan.

Kategori :