Mata Lelah? Ini Dia Solusi Cepat dan Tepat untuk Mengatasinya

Sabtu 31-08-2024,02:00 WIB
Reporter : Nanda Ulya Darojat
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY – Pada era digital saat ini, mata kita sering kali dipaksa untuk bekerja keras. Mata lelah atau astenopia adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang.

Terutama bagi mereka yang sering menggunakan komputer atau layar gadget dalam waktu yang lama. Gejalanya meliputi perasaan kering, gatal, berair, mata merah, serta sulit berkonsentrasi. 

Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir! Ada beberapa solusi cepat dan tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa tipnya.

BACA JUGA: 7 Cara Efektif Menghilangkan Mata Sembap Setelah Menangis dengan Cepat

1. Istirahatkan Mata Anda

Langkah pertama dan penting adalah dengan mengistirahatkan mata Anda. Tutup mata Anda selama beberapa menit atau alihkan pandangan Anda dari layar gadget ke objek yang jauh selama 20 detik setiap 20 menit.

Meskipun hanya sebentar dalam waktu yang sangat cepat, tapi hal tersebut dapat membantu merilekskan otot-otot mata Anda dan mengurangi ketegangan. Lakukan tanpa menunggu ada keluhan. Jadikan kebiasaan di tengah-tengah sibuk.

2. Gunakan Kompres Hangat

Cara ini membuat mata lebih nyaman yakni mengompres hangat dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit pada mata. Rendam kain bersih dalam air hangat, peras hingga lembab, dan kompreskan pada mata Anda selama beberapa menit.

BACA JUGA: 5 Penyebab Mata Berkunang-Kunang dan Cara Mengatasinya

Anda juga dapat menggunakan kantung teh celup yang telah didinginkan.Teh celup ini boleh diambil dari teh bekas seduhan yang Anda minum. Jadi tak perlu menggunakan teh celup baru. Ini juga sekaligus membuat bekas teh celup lebih bermanfaat.

3. Lakukan Senam Mata

Senam mata dapat membantu memperkuat otot-otot mata Anda dan meningkatkan aliran darah ke mata. Berikut adalah beberapa gerakan senam mata yang sederhana:

  • Putar bola mata: Putar bola mata Anda searah jarum jam selama 10 detik, kemudian putar berlawanan arah jarum jam selama 10 detik. Ulangi gerakan ini beberapa kali.
  • Kedipkan mata: Kedipkan mata Anda dengan cepat selama 10 detik. Ulangi gerakan ini beberapa kali.
  • Lihat objek yang jauh: Pandanglah objek yang jauh selama 20 detik, kemudian alihkan pandangan Anda ke objek yang dekat selama 20 detik. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

BACA JUGA:5 Tips Hilangkan Kantong Mata dengan Bahan Alami

4. Gunakan Obat Tetes Mata

Kategori :