Mengenal Computer Vision Syndrome, Mata Lelah Akibat Menatap Layar Gawai Terlalu Lama

Mengenal Computer Vision Syndrome, Mata Lelah Akibat Menatap Layar Gawai Terlalu Lama

Computer Vision Syndrome terjadi karena orang menggunakan gawai dalam waktu yang lama. -Kementerian Kesehatan RI-yankes.kemkes.go.id

HARIAN DISWAY- Pernahkah Anda merasakan lelah pada mata? Hal itu tidak dapat dihindarkan bila Anda terlalu sering menatap layar gawai dalam waktu yang lama.

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan, mata lelah atau astenopia adalah gangguan pada mata akibat otot mata kelelahan karena dipaksa bekerja secara berlebihan. Terutama mata harus menatap suatu objek dalam kurun waktu yang lama dengan jarak yang dekat.

Sementara itu, computer vision syndrome (CVS) atau nama lainnya ketegangan mata digital adalah mata lelah akibat menggunakan gawai dalam waktu yang lama. Akibatnya, orang bisa merasakan penglihatannya mulai kabur dan iritasi pada mata.

Kemenkes melaporkan, sebuah riset yang mengungkapkan, 50 hingga 90 persen individu yang pekerjaannya menatap layar gawai mengalami CVS.

BACA JUGA: Peringati Hari Penglihatan Sedunia, Perdami Bagikan Tip Jaga Kesehatan Mata bagi Pekerja Kantoran

BACA JUGA:Tip Aman Penggunaan Ponsel dari Kemenkes, Kesehatan Mata Tetap Harus Dijaga

Penyebab orang terkena CVS adalah mata sering terpapar sinar biru atau cahaya terang yang dihasilkan dari layar ponsel. Selain itu, bisa disebabkan jarak pandang yang terlalu pendek dan postur duduk yang tidak benar.

Orang yang mengalami CVS akan merasakan sejumlah gejala yang dapat dideteksi oleh penderitanya. Mulai penglihatan kabur, iritasi mata, mata merah, mata kering, rasa nyeri pada leher dan punggung, hingga sakit kepala disertai sulit konsentrasi.

CVS yang dibiarkan begitu saja bisa berdampak pada jangka panjang dalam performa. Misalnya, banyak melakukan kesalahan dalam pekerjaan, konsentrasi sering terganggu, dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja.

BACA JUGA: Bingung Pilih Lensa Kacamata? Yuk Kenali Beberapa Tipe Lensa Sesuai Kegunaan

Maka itu, orang perlu segera mengatasi CVS dengan mengubah kebiasaan lamanya. Mulai mengubah postur tubuh, gunakan kursi yang nyaman, monitor harus sejarak 50 sampai 70 sentimeter dari mata dan sejajar dengan mata.

Selain itu, orang harus mulai memperhatikan cahaya di dalam ruangan supaya tidak terlalu terang dan tidak terlalu silau.

Kebiasaan lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi CVS adalah rajin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E. Anda juga bisa mencoba gunakan tetes mata atau semprotan mata di saat mengedipkan mata agar mata tetap lembap. 

Terakhir, mulailah rutin memeriksakan mata Anda untuk mendeteksi bila ada penyakit pada mata. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: