Peringati Hari Penglihatan Sedunia, Perdami Bagikan Tip Jaga Kesehatan Mata bagi Pekerja Kantoran

Peringati Hari Penglihatan Sedunia, Perdami Bagikan Tip Jaga Kesehatan Mata bagi Pekerja Kantoran

Tangkapan layar sesi webinar mengenai gangguan kesehatan mata di tempat kerja untuk memperingati Hari Penglihatan Sedunia.-Kementerian Kesehatan RI-https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/

HARIAN DISWAY- Kesehatan mata diharuskan menjadi prioritas utama bagi setiap orang. Pasalnya, mata berperan penting dalam memengaruhi kualitas dan produktivitas setiap orang.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, setiap orang memerlukan kesadaran dan kepedulian di dalam diri masing-masing untuk melakukan pencegahan terhadap berbagai gangguan kesehatan mata.

Hal itulah yang ditekankan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Eva Susanti

Di dalam temu media daring Hari Penglihatan Sedunia pada 12 Oktober 2023, Eva membahas kesadaran kesehatan mata bagi para pekerja kantoran. Sebab, pekerja kantoran terkenal dengan kebiasaan bekerja menatap layar gadget dalam jangka waktu yang lama.

Data Badan Pusat Statistik 2023 melaporkan terkait jumlah penduduk Indonesia yang bekerja. Angkanya mencapai 138,63 juta orang.

BACA JUGA: Bingung Pilih Lensa Kacamata? Yuk Kenali Beberapa Tipe Lensa Sesuai Kegunaan

“Artinya, sekitar separuh penduduk Indonesia memiliki risiko terhadap gangguan penglihatan di tempat kerja, baik sektor formal maupun informal,” papar Eva. 

Untuk itu, Eva mengajak seluruh pekerja kantoran melakukan deteksi dini gangguan penglihatan. Sekaligus para pemangku kebijakan di tempat kerja untuk deteksi dini terhadap kesehatan mata bagi karyawan.

“Deteksi dini dapat dilakukan melalui pemeriksaan mata secara berkala di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat ketika pekerja kantoran merasa ada tanda-tanda gangguan pada indra penglihatannya,” jelas Eva.

“Tujuannya meminimalkan faktor risiko terjadinya gangguan mata. Setiap orang tidak boleh mengabaikan gangguan penglihatan sekecil apa pun. Dan lagi, setiap orang harus melindungi mata dengan alat pelindung diri saat bekerja,” sambung dia.

BACA JUGA: Operasi Mata Minus Hanya Delapan Menit di RS Mata Undaan

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua III Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Trilaksana memberikan tip kepada para pekerja kantoran terkait postur tubuh yang benar di saat bekerja.

Pertama, pastikan posisi tempat duduk terasa nyaman. Kedua, jarak layar komputer sebaiknya 40-75 cm dari indra penglihatan. Ketiga, menggunakan filter proteksi radiasi komputer. 

Keempat, pastikan kemiringan antara layar komputer dan mata maksimal 20 derajat. Kelima, menyimpan materi di tempat strategis sehingga tidak perlu menggerakkan kepala terlalu sering. Keenam, atur pencahayaan komputer yang cukup. Ketujuh, berkedip secara berkala untuk mencegah iritasi pada mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: