Tip Aman Penggunaan Ponsel dari Kemenkes, Kesehatan Mata Tetap Harus Dijaga

Tip Aman Penggunaan Ponsel dari Kemenkes, Kesehatan Mata Tetap Harus Dijaga

Ilustrasi anak yang terlalu lama menatap layar ponsel dapat mengganggu kesehatan mata mereka. -Smart Parents-www.smartparents.sg

HARIAN DISWAY- Kementerian Kesehatan melaporkan, orang yang terlalu lama menatap ponsel dapat mengganggu kesehatan mata.

Mata merupakan salah satu organ vital terpenting bagi setiap orang. Setiap manusia membutuhkan mata untuk melakukan aktivitas. Namun, tidak semua orang memiliki kesadaran betapa pentingnya kesehatan mata.

Mengutip dari laman Kemenkes, orang yang terlalu sering menatap ponsel atau laptop dapat memengaruhi kesehatan mata mereka. Itu karena kebiasaan mata yang berfokus pada objek yang sama, pada jarak yang sama, dan menatap ke satu arah pada waktu yang lama dapat memberikan dampak buruk bagi mata.

Kebiasaan mata yang dipaparkan di atas justru bisa merusak kesehatan mata. Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa berisiko mengakibatkan ketajaman dari penglihatan jarak jauh seseorang akan berkurang.

BACA JUGA: Bingung Pilih Lensa Kacamata? Yuk Kenali Beberapa Tipe Lensa Sesuai Kegunaan

BACA JUGA: Anak Kecanduan Ponsel, Berikut Aturan Waktu Main Hape Yang Sehat menurut Kemenkes

Selain itu, menatap ponsel terlalu lama mengakibatkan kebiasaan refleks mengedip mata semakin lama, sekitar 30-40 detik. Padahal, seharusnya orang mengedipkan mata setiap 10 detik. Hal itu bisa membuat mata mudah lelah.

Lebih parahnya, lapisan air mata dapat terkoyak dan ada rasa gatal atau kering pada mata. Selain itu, mata kurang mampu berfokus.

Berangkat dari masalah itu, Kemenkes ingin membagikan sejumlah tip agar pengguna ponsel atau laptop dapat tetap menjaga kesehatan mata mereka.

1. Anda perlu menjaga jarak pandang

Anda perlu menjaga jarak dengan ponsel sekitar 40 sampai 50 sentimeter dari layar ponsel. 

BACA JUGA: Peringati Hari Penglihatan Sedunia, Perdami Bagikan Tip Jaga Kesehatan Mata bagi Pekerja Kantoran

2. Anda perlu mengurangi pencahayaan layar

Anda dapat mengurangi tingkat kecerahan layar ponsel agar mata tidak terpapar cahaya ponsel yang terlalu terang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: