Mata Lelah? Ini Dia Solusi Cepat dan Tepat untuk Mengatasinya

Sabtu 31-08-2024,02:00 WIB
Reporter : Nanda Ulya Darojat
Editor : Heti Palestina Yunani

Obat tetes mata dapat membantu melembabkan mata Anda dan meredakan rasa kering. Gunakan obat tetes mata yang bebas resep yang dengan mudah didapatkan di apotek terdekat atau toko obat. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Konsultasikan dengan Dokter

Jika mata lelah Anda tidak membaik dengan langkah-langkah di atas yang sangat mudah dilakukan atau jika Anda mengalami gejala lain seperti sakit kepala atau penglihatan kabur yang parah, maka sebaiknya ya konsultasikan dengan dokter.

Dokter mata Anda dapat membantu menentukan penyebab mata lelah Anda dan memberikan pengobatan yang tepat. Jangan menunggu ada keluhan pada mata Anda yang makin parah. 

BACA JUGA: Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menggunakan Gawai? Bisa Jadi Anda Terkena Computer Vision Syndrome

Selain cara-cara di atas berikut ada tip pencegahan mata lelah

  • Batasi waktu penggunaan gadget: Usahakan untuk tidak menatap layar gadget selama lebih dari 2 jam tanpa istirahat.
  • Atur pencahayaan layar: Atur pencahayaan layar gadget Anda agar tidak terlalu terang atau terlalu redup.
  • Gunakan kacamata anti-radiasi: Kacamata anti-radiasi dapat membantu melindungi mata Anda dari sinar biru yang dipancarkan oleh layar gadget.
  • Konsumsi makanan yang kaya vitamin A: Vitamin A penting untuk kesehatan mata. Konsumsi makanan yang kaya vitamin A seperti wortel, ubi jalar, dan bayam.
  • Minum air putih yang cukup: Dehidrasi dapat menyebabkan mata kering. Minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi.

BACA JUGA: Mengenal Computer Vision Syndrome, Mata Lelah Akibat Menatap Layar Gawai Terlalu Lama

Dengan mengikuti tip-tip di atas, Anda dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah mata lelah. Ingatlah untuk selalu memeriksakan kesehatan mata Anda secara rutin ke dokter mata, terutama jika Anda memiliki risiko tinggi terkena penyakit mata. (*)

Artikel ini ditulis oleh Nanda Ulya Darojat, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Reguler di Harian Disway

Kategori :