Gen Z versus Milenial: Ada Perbedaan Signifikan dalam Banyak Aspek Kehidupan

Jumat 30-08-2024,09:53 WIB
Reporter : Siti Yulaikah
Editor : Heti Palestina Yunani

Sementara Gen Z sudah mulai lebih menyukai komunikasi visual dan real-time. Mereka lebih memilih menggunakan aplikasi seperti Snapchat, TikTok, dan Instagram untuk berbagi momen secara instan.

Gen Z juga lebih nyaman dengan panggilan video dan live streaming sebagai cara untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga. Karena itu perbedaan preferensi komunikasi ini harus sama-sama dipahami agar bisa mempertemukan dua generasi.

4. Pandangan terhadap Karier dan Pekerjaan

Milenial dikenal sebagai generasi yang mengutamakan keseimbangan yang setara antara kerja dan hidup. Mereka mencari pekerjaan yang memberikan fleksibilitas dan kesempatan untuk mereka bisa berkembang lebih baik.

BACA JUGA: Fashion Trends 2023: Gen Y Pilih Sportwear, Gen Z Pakaian Formal 

Sementara Milenial cenderung lebih setia pada perusahaan yang sama dalam jangka waktu yang lama jika mereka merasa dihargai dan didukung dalam pengembangan karier mereka.

Gen Z, meskipun masih muda, memiliki pandangan yang lebih pragmatis tentang karier. Mereka menghargai stabilitas pekerjaan tetapi juga mencari pekerjaan yang memberikan makna dan dampak sosial.

Gen Z juga lebih cenderung memilih perusahaan yang menunjukkan komitmen terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Mereka juga lebih terbuka terhadap gig economy dan freelancing sebagai pilihan karier.

5. Pendekatan Terhadap Pendidikan

Milenial adalah generasi yang menganggap pendidikan formal sebagai jalur utama menuju kesuksesan. Mereka cenderung mengejar gelar sarjana dan pascasarjana dengan keyakinan bahwa pendidikan tinggi akan memberikan mereka keunggulan kompetitif di pasar kerja.

Sebaliknya, Gen Z, meskipun masih menghargai pendidikan seperti yang dianggap oleh Milenial, mereka lebih kritis terhadap biaya dan manfaat dari pendidikan formal. Mereka lebih terbuka terhadap alternatif pendidikan.

Seperti kursus online, pelatihan keterampilan, dan pendidikan vokasional yang lebih terfokus dan sering kali lebih terjangkau. Dalam mengejar karier, m ereka lebih menghargai pembelajaran yang praktis dan dapat langsung diterapkan dalam dunia kerja.

BACA JUGA: Gen Z Banjiri Angkatan Kerja, Yang Tua

6. Sikap terhadap Konsumsi dan Brand

Milenial sering kali dipengaruhi oleh tren dan merek-merek besar yang memberikan status sosial. Mereka tertarik pada brand yang memiliki cerita kuat dan nilai-nilai yang sesuai dengan identitas mereka.

Gen Z lebih selektif dan kritis terhadap brand. Mereka menghargai keaslian dan transparansi. Mereka lebih cenderung mendukung perusahaan yang menunjukkan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Kategori :