BBC Klaim Woozi SEVENTEEN Pakai AI di Lagu MAESTRO, Ini Reaksi CARATS

Minggu 14-07-2024,17:57 WIB
Reporter : Ilmi Bening
Editor : Retna Christa

BACA JUGA:Profil dan Perjalanan Karier Hoshi SEVENTEEN yang Berulang Tahun ke-28

"Jadi, bagiku, tidak mengherankan kalau mereka menerapkan AI dalam penulisan lirik. Ini masalah mengikuti perkembangan teknologi atau enggak aja," katanya kepada Megan Lawton dari BBC.

Nah, "tuduhan" BBC bahwa Woozi menulis lirik MAESTRO menggunakan AI itulah yang membuat CARATS marah besar. Mereka menuntut BBC meminta maaf kepada Woozi.


BBC klaim Woozi SEVENTEN pakai AI di lagu MAESTRO. Inilah kutipan yang dipakai jurnalis BBC sebagai dasar klaim tersebut.-BBC-

Menurut CARATS, dalam MV Maestro, sudah ada keterangan bahwa lirik lagu itu benar-benar murni ditulis dan dibuat oleh Woozi.

BACA JUGA:Happy JunmewoDay! 28 Fakta Tentang Jun Seventeen yang Berulang Tahun ke-28

Mereka membandingkan kutipan Woozi dalam konferensi pers yang ditulis BBC dengan media-media Korea. Kata CARATS, dalam press conference, Woozi hanya melihat kelebihan dan kekurangan teknologi saja. Karena itu, ia mencoba untuk menggunakan AI.

Namun, Woozi ingin melindungi citra SEVENTEN dengan membuat sesuatu yang fresh, dan tidak serta merta mencomot buatan AI.

"Ketika orang-orang melihat kami, aku berharap mereka akan berpikir, 'Wow, grup idol ini sangat fresh'. Dan aku mencoba menulis musik dengan AI," begitu kata Woozi dalam konferensi pers yang diunggah di YouTube SEVENTEEN.

BACA JUGA:SEVENTEEN Performance Unit Rilis MV SPELL, Suguhkan Visual Menarik dan Lirik yang Bikin Terngiang

"Aku sudah berlatih menggunakannya. Daripada hanya mengeluh soal teknologi baru, aku berpikir sangat penting untuk belajar bagaimana berjalan seiring dengan teknologi itu," tuturnya.

"Jadi, aku sudah mencoba menggunakannya dan menemukan kelemahan sekaligus kelebihannya. Aku memikirkan tetang bagaimana kita dapat melindungi identitas kita, bahkan ketika teknologi terus berkembang begitu cepat," papar penulis lagu utama SEVENTEEN tersebut.


BBC klaim Woozi SEVENTEN pakai AI di lagu MAESTRO. Foto: Woozi saat menghadiri konferensi pers peluncuran album 17 is Here pada 29 April 2024. -Soompi-

BACA JUGA:Disebut Adik SEVENTEEN, Ini Profil 6 Member TWS, Boy Group Terbaru Pledis Entertainment

CARATS menganggap tulisan BBC soal ucapan Woozi dipotong hingga tidak sesuai konteks. Hingga mereka marah. Sampai akhirnya membuat trending tagar #APOLOGIZETOWOOZI tadi.

"Woozi menulis ratusan lagu sejak debut. SEVENTEEN menciptakan lirik dan musik mereka sendiri!!!! JIKA MUSIK ADALAH SESEORANG, ITU BENAR-BENAR WOOZI. MINTA MAAF PADA WOOZI, JELASKAN FAKTA, DAN HAPUS INFORMASI YANG SALAH," protes seorang CARAT dengan berapi-api di X.

Kategori :