Foto Kontroversial Kader NU Bersama Presiden Israel, Jokowi Minta Ditanyakan ke PBNU!

Selasa 16-07-2024,12:21 WIB
Reporter : Afifah Alfina
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Dua hari lalu, publik dikejutkan dengan beredarnya foto 5 tokoh NU bersama Presiden Israel Isaac Herzog. Presiden Jokowi tak mau banyak berkomentar banyak soal polemik itu.

Ya, ditanyakan saja ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), karena sikap pemerintah itu jelas sesuai dengan pembukaan UUD 1945. Jelas sekali, (jadi) tolong ditanyakan ke PBNU dan Indonesia selalu ikut melaksanakan ketertiban dunia,” ujar Jokowi.

Pernyataan tersebut ia lontarkan dalam konferensi pers saat dirinya akan melakukan kunjungan ke Abu Dhabi pada Selasa, 16 Juli 2024 di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma.

BACA JUGA:Bikin Heboh! 5 Tokoh NU dan Pimpinan Jemaah Yahudi Temui Presiden Israel

BACA JUGA:Gus Nadir Sindir 5 Kader NU Yang Temui Presiden Israel: Kunjungan Pribadi Tidak Bisa Jadi Alasan

Sebelumnya, tokoh cendekiawan Nahdlatul Ulama (NU), Zen Maarif, mengunggah foto bersama 4 orang tokoh NU lainnya yang sedang bersama Presiden Israel.


Jokowi saat akan melakukan kunjungan ke Abu Dhabi pada Selasa, 16 Juli 2024--Youtube Sekretariat Presiden

"Saya bukan demonstran, melainkan filsuf-agamawan. Alih-alih demonstrasi di jalanan dan melakukan boikot, saya lebih suka berdiskusi dan mengungkap gagasan," begitu keterangan foto yang diunggah pada akun instagram pribadinya @zenmaarif.

Adapun 4 tokoh NU lainnya yaitu, Gus Syukron Makmun, Munawir Aziz, Nurul Bahrul Ulum, dan Izza Annafisah Dania.

Nampak juga dalam foto tersebut pimpinan jemaah Yahudi di Sulawesi Utara, Rabbi Yaakov.


Sekjen PBNU KH Syaifullah Yusuf menjelaskan pihaknya akan memanggil 5 pemuda nahdliyin yang bertemu Presiden Israel.-ist-

Hingga saat ini, belum diketahui kapan dan apa yang dibahas dalam pertemuan itu.

PBNU juga mengatakan bahwa pihaknya tidak memberikan mandat apapun kepada kelima tokoh NU tersebut untuk bertemu Presiden Israel.


Kategori :