DAYKAVE 6.0 di ISTTS Jadi Ajang Seru Pameran Ide Fashion hingga Konsep Marketing
DAYKAVE 6.0 di ISTTS jadi ajang seru pameran ide fashion hingga konsep marketing. - Afif Siwi - Harian Disway
HARIAN DISWAY - Menjadi mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) itu seru. Tidak percaya? Lihat saja pameran karya DAYKAVE 6.0 yang berlangsung pada 1-2 Desember 2025 di Auditorium Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS).
Pameran DAYKAVE merupakan acara tahunan Himpunan Mahasiswa (HIMA) DKV. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke-6. Ada beberapa proyek mahasiswa yang dipamerkan dalam ajang itu. Di antaranya, upcycle fashion, integrated marketing, digital illustration, dan rupa dasar.
“Ada beberapa mata kuliah saya yang ada di pameran ini. Di DAYKAVE 6.0, kebetulan ada satu mata kuliah baru, yaitu sustainable design. Nantinya, fokus ke Sustainable Development Goals,” ujar Bonifacia Bulan Aruming Tyas, dosen pengampu mata kuliah Sustainable Design, Rupa Dasar, dan Pemasaran Terpadu Aplikatif ISTTS.
BACA JUGA:ISTTS Gelar Pelatihan K3 bersama Profesional, Persiapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja
BACA JUGA:Tantangan dan Peluang AI bagi Kreativitas DKV

RUPA DASAR yang ditampilkan salah satu kelompok mahasiswa di pameran DAYKAVE 6.0. - Afif Siwi - Harian Disway
Prihatin pada limbah yang semakin bertambah setiap harinya, Boni berinisiatif memanfaatkan program desain ramah lingkungan. Caranya adalah dengan memanfaatkan kain-kain bekas di rumah yang tidak terpakai.
Kain-kain itu kemudian diolah untuk menjadi busana baru yang modis. Untuk upcycle fashion, Boni menargetkan pengeluaran yang minus.
Semakin sedikit pengeluarannya, pertanda mahasiswa telah menerapkan konsep sustainable dengan baik. Ujian dan pengumpulan tugas upcycle fashion pun dilakukan serba digital, sehingga mengurangi limbah kertas.
Selain memamerkan inovasi mereka, mahasiswa juga harus presentasi di hadapan dosen dan hadirin. Hasil karya kemudian akan dinilai sebagai tugas proyek mata kuliah.
BACA JUGA:Fashion Hitam Putih, Pilihan Aman tapi Selalu Menawan
BACA JUGA:5 Item Fashion Balletcore yang Bikin Penampilan Anggun dan Stylish
Peserta upcycle fashion di pameran DAYKAVE terdiri dari sepuluh kelompok, sedangkan rupa dasar terdiri dari delapan kelompok. Integrated marketing dan digital illustration dikerjakan secara individu. Terkait dengan integrated marketing, mahasiswa ditantang membuat rekayasa untuk mempromosikan acara selayaknya karyawan marketing event.
“Pura-puranya mereka menjadi bagian dari perusahaan dan mempromosikannya lewat poster. Itu masuk ke penilaian mata kuliah pemasaran terpadu aplikatif,” kata Boni kepada Harian Disway di sela rangkaian pameran.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: