Jokowi Serahkan Golden Visa Perdana ke Shin-Tae yong

Kamis 25-07-2024,13:25 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Dalam acara peluncuran Golden Visa yang megah di Hotel Ritz-Carlton Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Golden Visa perdana kepada pelatih tim nasional sepak bola Indonesia, Shin Tae-Yong.

Program Golden Visa itu disahkan pada 30 Agustus 2023 melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 22 Tahun 2023 tentang Visa dan Izin Tinggal serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 82 Tahun 2023.

Namun, baru resmi diluncurkan sekarang. Dengan Golden Visa, warga negara asing (WNA) diberi izin tinggal selama 5 sampai 10 tahun. 

BACA JUGA:Korea Selatan Gagal Rayu Shin Tae-yong, Pilih Hong Myung-bo Sebagai Pelatih!

BACA JUGA:Indonesia di Grup Neraka: Cinta Shin Tae Yong dan Misi Lolos ke Piala Dunia 2026!

Tentu saja tidak sembarang WNA yang bisa mendapatkannya. Ada syarat khusus. Yakni diperuntukkan bagi WNA yang dinilai bisa memberikan manfaat besar bagi perekonomian Indonesia.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan Golden Visa kepada pelatih tim nasional sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong.

"Saya berharap Golden Visa dapat segera disosialisasikan, sehingga dapat terjangkau top investor dan top global talent," ujar Jokowi.

Capaian Pelatih Shin Tae-Yong

Pelatih Shin Tae-Yong resmi melatih Timnas sepak bola Indonesia pada Desember 2019, ketika Indonesia berada di peringkat ke-173 FIFA.

Harapan besar dari PSSI dan seluruh rakyat Indonesia tertuju pada mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini, agar bisa mengangkat performa timnas Indonesia di level Asia maupun dunia.

Terbaru, timnas asuhan Shin Tae-Yong berhasil menembus putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA:5 Pelatih Timnas Indonesia yang Bawa Ranking FIFA Melejit, No. 1 Bukan Shin Tae-yong!

BACA JUGA:Wow! Ternyata Shin Tae-yong Pernah Bobol Gawang Persib, Maung Bandung Takluk 2-5 atas Ilhwa Chunma

Untuk menciptakan alur regenerasi yang berkelanjutan, pelatih Shin Tae-Yong juga menjadi supervisor untuk timnas kelompok usia, dengan pelatih Indra Sjafri bertanggung jawab untuk tim U-20 dan pelatih Nova Arianto untuk tim U-17.

Kategori :