7 Manfaat Makan Telur Rebus Setiap Hari, Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Selasa 30-07-2024,05:45 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - Telur rebus merupakan salah satu makanan paling sederhana dan mudah disiapkan. Selain lezat dan serbaguna, telur rebus juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Terdapat beberapa alasan mengapa mengonsumsi telur rebus setiap hari bisa menjadi kebiasaan yang sangat baik bagi kesehatan.

Telur adalah sumber protein dan mineral yang penting bagi tubuh. Cara pengolahan yang sederhana seperti merebus telur, tanpa tambahan minyak, menjadikan telur rebus sebagai pilihan sehat yang mempertahankan nilai gizinya.

Berbeda dengan metode pengolahan lainnya, telur rebus tidak mengalami perubahan nilai gizi yang bisa terjadi saat digoreng.

BACA JUGA:Waspada terkena DBD, Ini 10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit

Bagian telur, khususnya kuning telur, mengandung kolesterol yang tinggi. Satu butir telur besar mengandung sekitar 186 mg kolesterol. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menghilangkan telur rebus dari menu, ada baiknya meneliti lebih lanjut mengenai pedoman diet dan penelitian terkait.

Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa telur tidak meningkatkan kolesterol pada sekitar 70 persen orang. Artinya, kolesterol dalam makanan tidak serta merta meningkatkan kolesterol dalam darah.

Maka, mengonsumsi telur rebus dalam jumlah wajar bisa menjadi bagian dari pola makan sehat. Adapun manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita sebagai berikut.

BACA JUGA:7 Manfaat Masker Buah Pepaya, Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat!

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Telur dikenal sebagai sumber protein yang sangat baik. Satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein, termasuk semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Protein berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta mendukung fungsi otot dan sistem kekebalan tubuh.

2. Kaya Akan Nutrisi Esensial

Telur rebus adalah sumber berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisinya meliputi:

- Vitamin A: Penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Kategori :