Waspada terkena DBD, Ini 10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit

Waspada terkena DBD, Ini 10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit

10 makanan untuk menaikkan trombosit, waspada terkena DBD!. --Pinterest

HARIAN DISWAY - Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang cukup serius dan dapat mengancam nyawa. Salah satu gejala DBD adalah penurunan jumlah trombosit dalam darah. 

Untuk membantu meningkatkan jumlah trombosit dan mempercepat proses pemulihan, mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi tertentu sangat dianjurkan.

Secara umum, makanan-makanan tersebut mengandung zat besi, asam folfat, vitamin B12, vitamin K, dan vitamin C. Semua jenis kandungan itu akan menjadi bahan baku pembentukan sel darah.

Berikut adalah 10 jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit.

BACA JUGA:7 Manfaat Masker Buah Pepaya, Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat!

1. Sayuran Berdaun Hijau


Waspada terkena DBD, Ini 10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit. Sayur bayam dapat membantu menaikkan trombosit. --Pinterest

Anda bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau untuk menaikkan trombosit. Seperti, bayam, kangkung, brokoli. Kandungan pada sayur tersebut akan berperan penting dalam proses pembekuan darah dan produksi trombosit.

2. Buah-buahan


Waspada terkena DBD, Ini 10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit. Buah segar akan mempercepat menaikkan trombosit. --Pinterest

Jika trombosit turun, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan antioksidan. Misalnya, jeruk, pepaya, mangga, stroberi.

Kandungan pada buah-buah itu akan membantu penyerapan zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah, termasuk trombosit. Sedangkan antioksidan akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

BACA JUGA:5 Manfaat Air Kelapa Sebagai Penangkal Racun

3. Daging Merah dan Unggas


Waspada terkena DBD, Ini 10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit. Daging unggas seperti ayam, dapat menaikkan kadar trombosit.-jcomp-freepik.com

Anda perlu mengonsumsi daging merah dan unggas untuk menaikkan trombosit. Kandungan protein, zat besi, vitamin B12 adalah bahan dasar pembentukan sel-sel darah, termasuk trombosit. Zat besi dan vitamin B12 juga berperan penting dalam proses pembentukan darah.

4. Ikan

Selain 3 makanan diatas, Anda perlu juga mengonsumsi ikan untuk menaikkan trombosit. Kandungan protein, asam lemak omega-3, vitamin B12. Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh, sedangkan vitamin B12 membantu produksi sel darah merah.

BACA JUGA:7 Manfaat Rebusan Daun Sirsak dan Daun Salam, Salah Satunya Mencegah Kanker!

5. Kacang-kacangan


Waspada terkena DBD, Ini 10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit. Kacang hijau dapat membantu menaikkan trombosit. --Pinterest

Kacang-kacangan bermanfaat untuk menaikkan trombosit. Di dalamnya mengandung protein, zat besi, dan asam folat. Asam folat penting untuk pembentukan sel darah merah dan membantu mencegah anemia.

6. Telur

Telur memiliki kandungan protein, vitamin B12, zat besi. Telur merupakan sumber protein yang lengkap dan mengandung nutrisi penting lainnya untuk pembentukan darah.

BACA JUGA:10 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan, Mulai Dari Bakar Kalori Hingga Atasi Diabetes

7. Hati

Kandungan zat besi, vitamin B12, folat yang ada di dalam hati merupakan sangat penting untuk produksi sel darah. Dengan mengonsumsi hati, trombosit Anda yang rendah akan bisa naik kembali.

8. Kurma


Waspada terkena DBD, Ini 10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit. Kandungan yang ada di dalam kurma dapat membantu menaikkan trombosit. --Pinterest

Kurma memiliki kandungan zat besi, vitamin B kompleks. Kurma mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

BACA JUGA:5 Manfaat Tanaman Legundi bagi Kesehatan Tubuh

9. Delima


Waspada terkena DBD, Ini 10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit. Buah delima akan membantu menaikkan trombosit. --Pinterest

Delima mengandung vitamin C. Delima pun kaya akan antioksidan yang akan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

10. Wortel


Waspada terkena DBD, Ini 10 Makanan untuk Menaikkan Trombosit. Vitamin A pada wortel akan membantu menaikkan trombosit. --Pinterest

Kandungan vitamin A Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, termasuk sel darah. Dengan sering mengonsumsi wortel, trombosit Anda yang rendah akan segera naik kembali. (*)

 

*) Peserta magang reguler Harian Disway, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: