10 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan, Mulai Dari Bakar Kalori Hingga Atasi Diabetes

10 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan, Mulai Dari Bakar Kalori Hingga Atasi Diabetes

Ini 10 manfaat jalan pagi untuk kesehatan tubuh dan pikiran. --ilustrasi

HARIAN DISWAY - Memulai aktivitas di pagi hari mungkin cukup berat bagi sebagian orang, apalagi untuk berjalan kaki.

Namun ternyata, berjalan kaki di pagi hari dapat mendatangkan banyak manfaat lho, terutama bagi tubuh dan otak. Apa saja manfaatnya? Simak informasi berikut.

Selain menjaga pola makan yang sehat, ada beberapa langkah lain yang dapat Anda ambil untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat.

Salah satunya adalah dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki di pagi hari. Meskipun tergolong sebagai olahraga ringan, manfaat dari jalan kaki bagi kesehatan tidak boleh diabaikan.

Jalan kaki memiliki potensi untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kalori dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan kadar lemak berlebih dan menjaga berat badan tetap terkontrol.

BACA JUGA:Di Indonesia, 22 Januari Diperingati Hari Pejalan Kaki Nasional

Dokter Tirta Mandira Hudi atau yang akrab disapa Dokter Tirta sering membagikan tip dan penjelasan terkait dunia kesehatan, salah satunya tentang jalan kaki.

Dalam podcast PWK di kanal YouTube HAS Creative, ia mengungkap manfaat jalan kaki.

“Ya, selain menghindari minuman instan dalam kemasan, cara mengatasi penyakit gula (diabetes) cukup dengan jalan kali lima ribu step per hari dengan konsisten,” ujarnya.

Dokter Tirta juga menyarankan olahraga ini untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga berat badan ideal (membakar kalori).

Selain yang disebutkan oleh Dokter Tirta, ada juga beberapa manfaat jalan kaki lainnya, sebagai berikut.

BACA JUGA:Banyak Manfaat Jalan Kaki yang Belum Diketahui, Berikut di Antaranya...

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jalan kaki yang rutin dapat memperlancar sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, serta mencegah serangan jantung akibat penyakit jantung koroner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: