Di Indonesia, 22 Januari Diperingati Hari Pejalan Kaki Nasional

Di Indonesia, 22 Januari Diperingati Hari Pejalan Kaki Nasional

Di Indonesia, 22 Januari dijadikan sebagai Hari Pejalan Kaki Nasional. Momentum ini diinisiasi oleh Koalisi Pejalan Kaki (Kopeka), sebagai penghargaan terhadap peristiwa tragis kecelakaan pada 2012. -iStock-

HARIAN DISWAY - Setiap tanggal selalu memiliki perayaan atau hari memperingati suatu peristiwa yang berbeda-beda dari berbagai negara. Seperti tanggal 22 Januari.

BACA JUGA: Tiga Momen Ini Terkait dengan 22 Januari Hari Ini

Tanggal itu menjadi saksi bagi beberapa momen spesial yang dirayakan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Setiap tahun, 22 Januari menjadi panggung bagi sejumlah peristiwa penting dan unik yang memikat perhatian masyarakat.  

Tahun ini, tanggal tersebut jatuh pada hari Senin pekan ketiga dalam kalender Masehi. Di Indonesia, 22 Januari dijadikan sebagai Hari Pejalan Kaki Nasional. Momentum ini diinisiasi oleh Koalisi Pejalan Kaki (Kopeka), sebagai penghargaan terhadap peristiwa tragis kecelakaan pada 2012.

BACA JUGA: 5 Ribu Pekerja Migran Indonesia Hadiri Peringatan Hari Migran Intrenasional oleh BP2MI

Pada saat itu, seorang pengemudi bernama Afriyani Susanti menabrak halte, menelan korban jiwa pejalan kaki. Dengan berada di bawah pengaruh minuman keras dan narkoba, Afriyani kehilangan kendali, mengakibatkan delapan pejalan kaki tewas di tempat dan satu orang meninggal di rumah sakit.

BACA JUGA: Kupas Tuntas Keresahan Pejalan Kaki yang Bisa Mengalami Cedera

Untuk mengenang peristiwa ini, Kopeka menjadikan 22 Januari sebagai Hari Pejalan Kaki Nasional, membangun kesadaran akan perlindungan bagi pejalan kaki di Indonesia. (Jessica Laurent)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: