Bandara IKN Kemungkinan Belum Siap Untuk HUT RI ke-79, Penerbangan Dialihkan Ke Bandara Sepinggan

Selasa 30-07-2024,10:09 WIB
Reporter : Desi Nur Rachma*)
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY -  Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi mengungkapkan bahwa pembangunan bandara VVIP di Ibu Kota Nusantara (IKN) belum selesai dan kemungkinan belum bisa digunakan pada rangkaian HUT RI ke 79 di IKN pada 15 hingga 20 Agustus 2024 nanti.  

Pada proyek bandara IKN, Kemenhub membangun terminal bandara, sementara landasan pacu (runway) dibangun oleh kementerian PUPR. Meskipun menghadapi tantangan cuaca buruk selama dua bulan terakhir, Menhub Budi mengatakan Bandara VVIP IKN sempat ditargetkan rampung pada 17 Agustus 2024 agar bisa digunakan untuk naik turun penumpang peserta upacara di IKN,

Namun, Budi mengakui ada kemungkinan progres pembangunannya terlambat. 

BACA JUGA:Menhub Tinjau Pengaspalan Landasan Pacu Bandara IKN: Semoga Tidak Hujan Agar Hasil Maksimal

“Memang harus diakui bahwa hari hari disana (IKN) hujan terus. Bulan lalu itu ada 8 hari saja yang bisa beroperasi maksimal (pembangunan bandara IKN),” Kata Budi di Jakarta, Minggu, 21 Juli 2024.


Lapisan aspal pertama Landasan Pacu Bandara IKN akan memungkinkan untuk didarati pesawat berbadan kecil (narrow body)-Kemenhub-

BACA JUGA: Menhub Targetkan Uji Coba Bandara IKN Bulan Juli 2024

Ia menuturkan, pihaknya telah berupaya melakukan modifikasi cuaca dengan mengerahkan empat unit pesawat milik TNI. Namun, upaya ini tidak menimbulkan hasil yang maksimal karena di IKN tetap hujan.

Pria berdarah Palembang, Sumatera Selatan ini  pun melanjutkan bahwa saat ini kementeriannya telah menyiapkan Bandara Sepinggan di Balikpapan untuk mengalihkan ataupun membagi trafik penerbangan untuk peserta upacara hari kemerdekaan pertama di Ibu Kota Baru.

BACA JUGA:Pembangunan Bandara IKN Sesuai Jadwal, Diuji Coba Juli 2024

BACA JUGA:Jelang Upacara HUT RI ke-79, Satgas Infrastruktur IKN Pastikan Kesiapan Akses Jalan dan Air Bersih

“Tadinya (Bandara VVIP,Red) mesti selesai, ini kemungkinan delay, jadi kemungkinan untuk gunakan Balikpapan itu ada, InshaAllah akhir Agustus (Bandara VVIP IKN,Red) selesai,” ujar Budi.

Mantan Dirut PT Angkasa Pura II ini mengaku telah melaporkan perkembangan berbagai pembangunan infrastruktur pada Presiden Joko Widodo (Jokowi). termasuk Bandara IKN. 


Menhub Sebut Hujan Jadi Tantangan Terbesar Pembangunan Bandara IKN, Sebulan hanya 8 Hari Cerah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek pembangunan Bandara IKN.- Dok. Kemenhub-

Menhub mengatakan bahwa Presiden meminta agar pembangunan tidak dilakukan secara terburu-buru karena akan menurunkan kualitas konstruksinya. 

Kategori :