Profil dan Daftar Prestasi Veddriq Leonardo, Peraih Emas Olimpiade yang Saat Kecil Suka Panjat Pohon

Kamis 08-08-2024,20:46 WIB
Reporter : Noviana Firdausi *)
Editor : Retna Christa

BACA JUGA:Drama Panjat Tebing Olimpiade: Veddriq Bersinar, Rahmad Tersingkir!

BACA JUGA:Olimpiade Paris 2024: Rahmat Adi False Start, Veddriq Satu-satunya Wakil di Perempat Final

Pada 2016, ia memenangkan medali perunggu dalam Kejurnas Junior yang digelar di Bangka Belitung. Karena catatan waktunya terus meroket, oleh Pengprov FPTI Kalbar, Veddriq diterjunkan ke salah satu seri Piala Dunia yang digelar di Moskow, pada 2018.

Hebatnya, ia langsung meraih emas. Dari situ, ia masuk timnas panjat tebing Indonesia. Dan terjun di Asian Games 2018. Di tim estafet, Veddriq bergabung di tim Indonesia 2. Bersama Muhammad Hinayah,  Rindi Sufriyanto, dan Abudzar Yulianto.

Di final, mereka melawan tim Indonesia 1, dan secara ajaib merebut emas!

Sejak 2018 sampai sekarang , Veddriq sudah menyabet 6 gelar juara dunia. Di antaranya adalah Piala Dunia IFSC yang digelar di Amerika Serikat pada 2021.


PROFIL Veddriq Leonardo, peraih emas Olimpiade yang masa kecilnya suka panjat pohon. Foto: Veddriq (tengah) meraih emas IFSC World Cup Series di Utah, AS, 2022. -Instagram Veddriq Leonardo-

BACA JUGA:Veddriq Leonardo Target Emas di Olimpiade Paris 2024, Ini Antisipasinya

Kemudian disusul dengan empat gelar berikutnya dari berbagai turnamen di beberapa negara seperti Swiss, Amerika Serikat, Korea Selatan pada tahun 2022. Terakhir gelar kembali didapatnya di Korea Selatan pada 2023.

Taat Beribadah

Selain mampu membanggakan Indonesia, Veddriq diketahui merupakan seseorang yang taat beribadah. Menurutnya, tuntunan agam berhasil menjadi pengiringnya untuk bisa sampai di posisi saat ini. Hal itu diungkapkan oleh Rossita, ibunda Veddriq.

"Veddriq anak penurut, kalau kita larang ya dia ikut saja. Rajin juga salatnya," ucap sang ibu.

BACA JUGA:Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabillah Lolos, Panjat Tebing Tambah 2 Wakil ke Olimpiade

BACA JUGA:Peluang Terakhir Veddriq Leonardo Raih Tiket Olimpiade Paris 2024


PROFIL Veddriq Leonardo, peraih emas Olimpiade yang masa kecilnya suka panjat pohon. Foto: Veddriq sejak kecil suka kegiatan pencinta alam.-Instagram Vedd-

Rosita juga menceritakan awal mula Veddriq terjun di dunia panjat tebing. Rosita mengungkap, dari kecil anaknya itu memang suka memanjat pohon ataupun tambat kapal di tepi sungai.

Kategori :