Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabillah Lolos, Panjat Tebing Tambah 2 Wakil ke Olimpiade

Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabillah Lolos, Panjat Tebing Tambah 2 Wakil ke Olimpiade

Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabillah (tengah) didampingi Ketum FPTI Yenny Wahid (kiri) usai memastikan diri ke Olimpiade Paris 2024-FPTI-

HARIAN DISWAY - Indonesia memenuhi kuota maksimal panjat tebing pada nomor speed ke Olimpiade Paris 2024. Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabillah berhasil mengamankan tiket tambahan melalui ajang kualifikasi pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Mereka masuk dalam tiga besar klasemen akhir Olympic Qualifying Series. Posisi lima besar berhak lolos.

Sebagai informasi, event kualifikasi tersebut berlangsung dua seri. Event sebelumnya dilaksanakan di Shanghai, Tiongkok pada 16-19 Mei 2024 dan berakhir di Budapest, Hungaria, pada 20-23 Juni 2024.

BACA JUGA:Menuju Olimpiade Paris 2024: Bulu Tangkis, Panjat Tebing dan Angkat Besi Jadi Tumpuan, Menpora Berharap Kenaikan Peringkat!

Nah, dalam klasemen akhir Olympic Qualifying Series, Veddriq Leonardo berada di posisi kedua setelah Wu Peng (Tiongkok), yang memperoleh 95 poin.


VEDDRIQ Leonardo dan Rajiah Sallsabillah lolos, panjat tebing tambah 2 wakil ke Olimpiade. Foto: Veddriq (kiri) mengalahkan Kiromal Katibin di semifinal.-Instagram FPTI -

Veddriq mengumpulkan total 91 poin. Rinciannya, angka itu didapat dari juara seri Shanghai (50 poin) dan posisi ketiga seri Budapest (41 poin).

Pada seri Shanghai, Veddriq mengalahkan Wu Peng di babak final dengan catatan waktu 4,83 detik. Kemudian pada seri Budapest, Veddriq kalah dari Wu Peng di semifinal.

BACA JUGA:Panjat Tebing Indonesia Target Pertahankan Emas di IFSC World Cup 2023 Seri Jakarta

BACA JUGA:Peluang Terakhir Veddriq Leonardo Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

Pada perebutan posisi ketiga, Veddriq lebih unggul dari kompatriotnya sendiri, Aspar Jaelolo, dengan waktu 5,05 detik.

"Saya sangat bersyukur atas dukungan dari semua pihak. Keberhasilan (meraih tiket Olimpiade) adalah buah dari kerja keras dan komitmen bersama," tutur Veddriq dalam keterangan resminya.

"Saya akan terus berlatih keras untuk memberikan yang terbaik di Paris nanti," janjinya. 

Sebenarnya Indonesia juga menempatkan Kiromal Katibin dan Aspar dalam posisi keempat dan kelima klasemen akhir Olympic Qualifying Series.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fpti