Paus Fransiskus Pimpin Misa Kudus di GBK Pekan Depan, Simak Konsep Kegiatannya!

Selasa 27-08-2024,11:38 WIB
Reporter : Vrisca Sheilla*)
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Tokoh pimpinan gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus, akan memimpin acara Misa Akbar di Stadiun Gelora Bung Karno (GBK) pada 5 September 2024.

Acara tersebut merupakan rangkaian agenda Paus saat berkunjung ke Indonesia mulai tanggal 3-6 September 2024.

Juru Bicara Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Romo Thomas Ulun Ismoyo menyebut bahwa acara Misa Akbar atau Misa Kudus di GBK akan menggunakan dua stadion.

“Pertama kali ini mungkin negara yang menggunakan dua stadion (untuk acara Misa Kudus, Red),” ujar Rm. Thomas dalam acara Dialog Bersama Forum Merdeka Barat (FMB9) pada Senin, 26 Agustus 2024.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Sampaikan Pesan Ini Jelang Kunjungan ke Indonesia

Pria berbaju batik warna cokelat itu menjelaskan bahwa stadion yang dipakai itu adalah stadion utama yang dilengkapi panggung. Stadion ini akan menampung sekitar 60.000 umat.

Lalu, stadion kedua (Madya, daerah Senayan) yang berjarak sekitar 100 meter dari stadion utama akan diperuntukkan bagi komunitas pendidikan, seperti pelajar hingga mahasiswa. Stadion ini menampung sekitar 26.000 orang.


GBK akan menjadi venue Misa Akbar tahun ini.-Dok. PSSI-

Jadi, total umat yang mengikuti Misa Kudus di GBK adalah sekitar 86.000 orang.

Nantinya, Paus akan berkeliling dan menyapa umat di masing-masing stadion menggunakan mobil terbuka. Adapun umat yang berada di GBK akan menyambut Paus dengan menyanyikan lagu dan mengibarkan bendera merah putih seraya berdiri bersama.

“Bukan kampanye, tapi sungguh-sungguh menyambut kedatangan Paus sebagai orang Katolik,” canda Romo Ulun.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Gunakan Mobil Pindad Maung Bikinan Indonesia, Ini Spesifikasinya!

Mengingat pertemuan besar itu dalam rangka ibadah, maka acara akan dibuka dengan doa bersama yang sesuai dengan ciri khas Gereja Katolik.

Menurut Rm. Thomas Ulun, dalam kesempatan tersebut, Paus akan menyampaikan pesan terkait kasih sayang Tuhan kepada umat, khususnya di Indonesia.

Agenda Misa direncanakan berlangsung selama 1,5 jam. Perayaan Ekaristi juga akan digelar di sana. 

Kategori :