Tips Bikin Akur Anak Kandung dan Anak Tiri, Tumbuhkan Rasa Saling Menghormati

Rabu 28-08-2024,06:00 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Guruh Dimas Nugraha


Anak Kandung dan Anak Tiri Bisa Akur, Tipsnya, Tumbuhkan Rasa Saling Menghormati. Orang tua harus jadi teladan bagi anak dan anak tiri. Berbicara pada mereka dengan penuh kasih tanpa saling membedakan.-freepik-freepik.com

Ajarkan Pentingnya Berbagi dan Menghormati

Pertengkaran antar saudara tiri sering disebabkan oleh kurangnya kemampuan untuk berbagi dan menghormati. Ketika proses penggabungan keluarga terjadi, kedua kelompok anak cenderung merasa bahwa gaya hidup mereka yang akrab sedang diambil dari mereka. 

Jika barang-barang mereka digunakan, dipinjam, atau bahkan dirusak oleh saudara tiri, itu hanya akan menambah perasaan tidak berdaya.

Penting untuk mengajarkan anak-anak Anda untuk bermain dengan baik dan berbagi barang-barang bersama seperti televisi, peralatan bermain di luar, atau permainan keluarga. Sehingga mereka bisa belajar berbagi dengan saudara baru mereka. 

BACA JUGA:Libur Nataru Bersama Bayi, Ini Tips Agar Mereka Nyaman Selama di Perjalanan

Ajarkan pada mereka tentang pentingnya menghormati kepemilikan pribadi satu sama lain, dan bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh mereka ambil.

Tunjukkan kepada anak dan anak tiri Anda bahwa Anda menghormati barang-barang pribadi mereka. Dan bahwa Anda mengharapkan mereka untuk melakukan hal yang sama satu sama lain.

Berikan Privasi yang Cukup

Anak yang lebih tua atau remaja, membutuhkan privasi. Anak-anak dalam keluarga campuran sering merasa bahwa ruang dan privasi mereka sedang diambil. Terutama jika mereka memiliki adik baru yang ingin terus mengikuti mereka.

BACA JUGA:Waspada dan STOP Spasme Infantil pada Bayi

Pastikan semua saudara tiri mendapatkan privasi ketika mereka membutuhkannya. Ini bisa berupa waktu sendirian di kamar, atau jika mereka tidak memiliki kamar terpisah, bisa menyediakan ruang keluarga atau meja makan untuk menyalurkan hobi mereka. 

Mungkin waktu di luar atau jalan-jalan ke taman atau mal bersama orang tua biologis mereka akan menjadi solusi yang baik. Dukung semua anak dalam keluarga Anda untuk memiliki waktu dan ruang mereka sendiri ketika mereka membutuhkannya. Itu akan mengurangi stres dan kemarahan.

Sediakan Waktu untuk Membina Hubungan

Jika Anda ingin saudara tiri dalam keluarga Anda menjalin hubungan, pastikan Anda menyediakan waktu keluarga secara teratur. Misalnya, Anda menyediakan waktu makan malam keluarga secara teratur. Semua orang bisa duduk bersama dan berbicara banyak hal.

BACA JUGA:Ibu Hamil Bisa Cegah Bayi Tertular HIV, Begini Caranya

Kategori :