Cara Mengetahui Ponsel Disadap, Salah Satunya Baterai Cepat Habis

Sabtu 31-08-2024,05:50 WIB
Reporter : Melinda Rahma Puspa*
Editor : Guruh Dimas Nugraha

Lakukan Reset Pabrik

Jika merasa ponsel disadap, salah satu solusi terbaik adalah melakukan reset pabrik. Reset pabrik akan menghapus semua data dan aplikasi di ponsel. Termasuk perangkat lunak yang mencurigakan.

Pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum melakukan reset pabrik. Langkah itu akan mengembalikan ponsel kita dalam kondisi seperti baru.

BACA JUGA:Cara Aktifkan Two Step Verification WhatsApp untuk Cegah Hacker

Hubungi Call Center Operator

Jika tidak yakin apakah ponsel sedang disadap, hubungi call center operator seluler. Mereka dapat membantu memeriksa apakah ada aktivitas mencurigakan yang terjadi pada ponsel kita.

Operator juga dapat memberikan saran lebih lanjut tentang cara melindungi ponsel dari penyadapan. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika diperlukan.

Cara Mencegah HP Disadap


ciri ciri hp di hack-freepik

  • Pasang Aplikasi Anti-malware

Aplikasi anti-malware adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi ponsel dari penyadapan. Aplikasi itu akan memindai dan menghapus perangkat lunak berbahaya yang mungkin ada di ponsel pengguna.

BACA JUGA:Pakar Siber Paparkan Hacker RRR Yang Klaim Punya Data 337 Juta KTP

Selalu gunakan aplikasi anti-malware yang terpercaya. Pastikan untuk melakukan pemindaian secara rutin.

  • Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Kata sandi yang kuat adalah lapisan perlindungan pertama bagi ponsel. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol untuk membuat kata sandi yang sulit ditebak.

Jangan gunakan kata sandi yang mudah ditebak. Seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan. Gantilah kata sandi secara berkala untuk menjaga keamanan.

BACA JUGA:Kelompok Hacker Brain Cipher Minta Maaf ke Masyarakat Indonesia Atas Serangan ke PDNS 2: Kunci Kami Berikan Besok, Gratis!

  • Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Verifikasi dua langkah adalah fitur keamanan tambahan yang dapat melindungi ponsel dari penyadapan. Dengan verifikasi dua langkah, pengguna harus memasukkan kode tambahan selain kata sandi.

Kategori :