Cara Mengetahui Ponsel Disadap, Salah Satunya Baterai Cepat Habis

Sabtu 31-08-2024,05:50 WIB
Reporter : Melinda Rahma Puspa*
Editor : Guruh Dimas Nugraha

Muncul Aktivitas yang Mencurigakan

Jika pengguna menemukan aktivitas yang tidak biasa pada ponsel, seperti pesan yang tiba-tiba terkirim atau panggilan yang tidak dilakukan, perlu waspada. Aktivitas itu bisa menjadi pertanda bahwa ponsel telah disusupi.

BACA JUGA:Hacker Asal Korea Utara Berhasil Mencuri Rp 5,7 Triliun Crypto pada 2021

Cek riwayat panggilan dan pesan secara berkala. Jika menemukan aktivitas yang tidak dikenal, segera lakukan tindakan pencegahan.

Data Seluler Cepat Habis

Lonjakan penggunaan data yang tidak biasa bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Aplikasi mata-mata dapat mengirim data secara diam-diam dan bisa menguras kuota internet.

Periksa penggunaan data secara rutin. Jika merasa penggunaan data tidak sesuai dengan aktivitas ponsel, itu bisa menjadi tanda ponsel disadap.

BACA JUGA:Antisipasi Judi Online, HP Prajurit dan PNS Kodim Gresik Diperiksa

Muncul Iklan

Ponsel yang disadap sering menampilkan iklan pop-up yang tidak biasa. Iklan itu bisa muncul kapan saja. Bahkan ketika pengguna tidak sedang menggunakan ponsel.

Iklan yang terus muncul bisa menjadi tanda adanya malware di ponsel. Segera lakukan pemeriksaan keamanan jika mengalami hal itu.

Cara Menghentikan Ponsel Disadap

Deteksi Penyadapan Melalui Kode

Kita dapat menggunakan kode khusus untuk memeriksa apakah ponsel sedang disadap. Misalnya, kode #21# dapat digunakan untuk mengetahui apakah panggilan kita dialihkan ke nomor lain.

BACA JUGA:Bukan Main! Hacker Yordania Ubah Tampilan Website Tentara Israel Pakai Bahasa Arab

Cara itu cukup efektif untuk mendeteksi penyadapan. Jika menemukan indikasi penyadapan, segera ambil langkah-langkah pencegahan.

Kategori :