Teka-teki Reshuffle Kabinet Jelang Akhir Masa Jabatan Jokowi

Sabtu 07-09-2024,21:45 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

BACA JUGA:Draf Susunan Kabinet Prabowo-Gibran Beredar di Medsos, Begini Tanggapan Gerindra

Tentu, bila Risma dan Pramono mundur, dua kursi jabatan di KIM akan kosong. Jokowi pun berpeluang menggelar reshuffle lagi. Lantas, apakah perombakan kabinet itu akan digelar dalam waktu dekat?

Lagi-lagi Jokowi tak menjawabnya dengan gamblang. Namun, tetap ada peluang. ”Ya, bisa,” singkat Jokowi.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, surat Pramono berisi permohonan pengunduran diri sebagai sekretaris kabinet terhitung mulai 22 September 2024. Sehingga, keputusan presiden mengenai pemberhentian Pramono akan diterbitkan sesuai dengan permohonan. 

BACA JUGA:Profil Singkat Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Badan Jokowi Hasil Reshuffle

BACA JUGA:Reshuffle Kabinet Jokowi: Lantik Supratman Andi Agtas Jadi Menkumham Baru Gantikan Yasonna Laoly


Calon Gubernur Jakarta Pramono Anung bertemu dengan sejumlah anak muda di sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan-Disway.id/Anisha Aprilia-

Yang jelas, imbuhnya, Jokowi menyetujui permohonan tersebut. “Presiden menghormati hak politik menteri atau pejabat setingkat menteri untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon kepala daerah,” ujarnya.

Pramono pun merespons isu rencana reshuffle. Ia memberikan sinyal bahwa tidak akan merombak kabinet. "Kan tinggal satu bulan lagi (pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Red)," ujar Pramono di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu, 7 September 2024. (*)

Kategori :