Reshuffle Kabinet Jokowi: Lantik Supratman Andi Agtas Jadi Menkumham Baru Gantikan Yasonna Laoly

Reshuffle Kabinet Jokowi: Lantik Supratman Andi Agtas Jadi Menkumham Baru Gantikan Yasonna Laoly

Supratman Andi Agtas sah menjadi Menkumham RI usai dilantik oleh Presiden Jokowi pada Senin, 19 Agustus 2024.-Sekneg-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo resmi melantik Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI baru Supratman Andi Agtas yang menggantikan Yasonna Laoly mulai hari ini, Senin, 19 Agustus 2024.

Dilansir dari disway.id, sesuai Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 92/2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, pelantikan menteri baru di lakukan di Istana Negara, Jakarta.

BACA JUGA:Reshuffle di Injury Time Kabinet Jokowi: Bahlil Lahadalia Jadi Menteri ESDM Baru, Kursi Menteri Investasi Diisi Roslan Roeslani

Kepres tersebut dibacakan oleh Deputi Kementerian Sekretariat Negara Nanik.

“Mengangkat Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024, Saudara Supratman sebagai Menteri Hukum dan HAM,” kata Nanik sesuai Kepres.

BACA JUGA:Jokowi Tanggapi Isu Reshuffle, Menteri dari PDIP dan Partai NasDem Jadi Sasaran

Lalu dilanjutkan sumpah jabatan oleh Supratman yang dipandu oleh Presiden Jokowi. Selain Supratman, terdapat beberapa menteri dan kepala badan juga dilantik hari ini. 

Bahlil Lahadalia dilantik sebagai Menteri ESDM, Rosan Rosan Roeslani dilantik sebagai Menteri Investasi Baru, dan Angga Raka Prabowo yang dilantik menjadi Wakil Menkominfo.

BACA JUGA:Prabowo Siapkan Susunan Kabinet Baru, Siapa Saja?

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi diikuti para menteri dan wakil menteri terlantik.

Para menteri dan wakil menteri terlantik juga bersumpah akan menjalankan tugas jabatan dengan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab.

BACA JUGA:RAPBN 2025 Bertema Stabilitas, Inklusivitas, dan Keberlanjutan, Berikut Daftar Prioritas Anggaran di Pemerintahan Tahun Depan

Prosesi pelantikan ini dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ART/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, dan Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Ada pula Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menko PMK Muhadir Effendi, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id