Reshuffle di Injury Time Kabinet Jokowi: Bahlil Lahadalia Jadi Menteri ESDM Baru, Kursi Menteri Investasi Diisi Roslan Roeslani

Reshuffle di Injury Time Kabinet Jokowi: Bahlil Lahadalia Jadi Menteri ESDM Baru, Kursi Menteri Investasi Diisi Roslan Roeslani

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik sejumlah menteri dan wamen serta kepala badan hari ini, Senin 19 Agustus 2024 -Screenshoot/YouTube-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo melantik Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Investasi menjadi Menteri ESDM pada hari, Senin, 19 Agustus 2024 di Istana Negara, Jakarta.

Selain Bahlil, sejumlah menteri dan kepala badan (K/L) juga dilantik hari ini. Rosan Rosan Roeslani dilantik sebagai Menteri Investasi Baru, Supratman Andi Agtas dilantik sebagai Menkumham RI menggantikan Yasonna Laoly. Ada pula Angga Raka Prabowo yang dilantik Jokowi menjadi Wakil Menkominfo.

BACA JUGA:Reshuffle Kabinet Jokowi: Lantik Supratman Andi Agtas Jadi Menkumham Baru Gantikan Yasonna Laoly

Pelantikan dimulai pukul 09.30 WIB dengan pembacaan keputusan presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri dan wakil menteri baru.

Setelah itu, para menteri dan wakil menteri yang akan dilantik mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Momen Keakraban Prabowo Duduk di Samping Jokowi Saat Upacara HUT ke-79 RI

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi diikuti para menteri dan wakil menteri terlantik.

Para menteri dan wakil menteri terlantik juga bersumpah akan menjalankan tugas jabatan dengan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab.

BACA JUGA:Upacara Detik-Detik Proklamasi Pertama di IKN, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kutai Kartanegara

Kemudian, para menteri dan wakil menteri menandatangani berita acara.

Prosesi pelantikan ini dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ART/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, dan Menkominfo Budi Arie Setiadi.

BACA JUGA:Pidato Kenegaraan Terakhir, Jokowi Serahkan Estafet Kepemimpinan Indonesia Pada Prabowo

Ada pula Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menko PMK Muhadir Effendi, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan melakukan agenda pelantikan beberapa menteri, wakil menteri, dan kepada badan Istana Negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: