Sentra Oleh-Oleh Kota Pasuruan Hadir di Alun-Alun Kota, Dekranasda Sokong UMKM

Minggu 08-09-2024,07:58 WIB
Reporter : Lailiyah Rahmawati
Editor : Salman Muhiddin

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pasuruan resmi membuka sentra oleh-oleh khas daerah di sudut Alun-alun Kota Pasuruan.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, bersama Fatma Saifullah Yusuf, Sabtu, 7 September 2024.

Sentra oleh-oleh ini optimis dapat meningkatkan penjualan produk-produk UMKM Kota Pasuruan, karena berada di lokasi strategis dengan akses yang mudah.

Ketua Dekranasda Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf, menyatakan bahwa lokasi sentra oleh-oleh ini diharapkan ramai pengunjung karena dekat dengan payung Madinah.

Banyaknya peziarah dari luar kota yang menginginkan oleh-oleh setelah berziarah ke makam KH Abdul Hamid juga menjadi alasan optimisme ini.

BACA JUGA:Jumlah Atlet Kota Pasuruan yang Bertanding di PON Naik Pesat

BACA JUGA:Gemerlap Karnaval Cakrawala Dunia, Puncak HUT RI di Kota Pasuruan

"Peran Dekranasda adalah menjembatani produk-produk UMKM agar semakin berkembang dan dikenal. Kami optimis sentra oleh-oleh ini akan ramai karena letaknya sangat dekat dengan payung Madinah," ujar Fatma dalam sambutannya.

Pembukaan sentra oleh-oleh ini merupakan hasil sinergi antara Dekranasda dan Pemerintah Kota Pasuruan. Tujuannya adalah untuk memperluas jangkauan produk-produk UMKM Pasuruan ke luar daerah.

Wali Kota Saifullah Yusuf menambahkan bahwa semakin banyaknya peziarah membuat kehadiran sentra oleh-oleh ini sangat tepat.

"Alhamdulillah, jumlah peziarah dan wisatawan payung Madinah semakin bertambah. Semoga dengan adanya sentra Dekranasda ini, produk UMKM bisa lebih terjual," ujar Gus Ipul.

BACA JUGA:Wawali Pasuruan Dorong PMR dan PMI untuk Prioritaskan Visi Kemanusiaan

BACA JUGA:Mengapa Pilwali Pasuruan Hanya Satu Paslon? Ini Jawaban Jujur Parpol!

Gus Ipul juga menegaskan dukungan penuh Pemkot Pasuruan terhadap program Dekranasda dalam memajukan UMKM daerah. Sentra oleh-oleh ini diharapkan menjadi jembatan antara UMKM dan pemerintah daerah untuk bersinergi.

"UMKM harus mendapat perhatian lebih agar bisa mengembangkan pasar mereka. Semoga sentra ini membantu UMKM Kota Pasuruan semakin maju," kata Gus Ipul.

Kategori :