Prabowo Masih Pantau Dinamika Politik untuk Rampungkan Kabinet

Sabtu 14-09-2024,20:06 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

BACA JUGA: Cetak Biru Transisi Pemerintahan Jokowi ke Prabowo sudah Disiapkan

BACA JUGA:Luhut: Prabowo Terharu di Sidang Kabinet Paripurna Terakhir Jokowi

Anda sudah tahu, sejumlah kabar beredar terkait komposisi kabinet yang akan dibentuk oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Salah satu isu yang mencuat adalah jumlah menteri di era pemerintahan Prabowo yang diperkirakan lebih banyak dibandingkan dengan pemerintahan Presiden Jokowi.

Selain itu, Prabowo dikabarkan akan membentuk Zaken Kabinet. Alias kabinet yang diisi oleh para ahli alih-alih politisi.

BACA JUGA:AHY Siap Gabung Kabinet Prabowo

BACA JUGA:Presiden Jokowi: Prabowo Janji Percepat Proyek IKN dan Perlu Sinergi TNI-Polri

Melansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Zaken Kabinet adalah kabinet yang dibentuk tanpa memperhatikan perolehan kursi partai politik di parlemen.

Orang-orang yang dipilih untuk duduk di kabinet ini berasal dari kalangan ahli di bidangnya masing-masing, bukan karena afiliasi politik.


Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menyapa pendukungnya usai menyampaikan pidato saat menghadiri acara pemantauan hasil hitung cepat atau quick count di Istora Senayan, Jakarta.--

Wacana pembentukan Zaken Kabinet ini pertama kali diungkapkan oleh Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

"Pak Prabowo ingin pemerintahan yang dipimpinnya nanti adalah Zaken Kabinet, di mana orang-orang yang duduk di kementerian benar-benar ahli," ujar Muzani. (*)

Kategori :