Mengenang Tito Jackson, Anggota The Jackson 5 yang Meninggal karena Serangan Jantung

Selasa 17-09-2024,06:51 WIB
Reporter : Heti Palestina Yunani
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - The Jackson 5 kehilangan salah seorang anggotanya, Tito Jackson. Ia meninggal pada Minggu, 15 September 2024. Dianggap sebagai anggota yang paling tak terkenal, nyatanya Tito mencatat sejarahnya sendiri di dunia musik.

Kepergian Tito itu adalah yang kedua setelah Michael Jackson meninggal pada 2009. Ia meninggal dalam usia 70 tahun Berarti kini tinggal Jackie Jackson, Jermaine Jackson, dan Marlon Jackson. Kepergiannya mendadak.

Serangan jantung telah merenggut nyawanya. Padahal pada 8 September 2024, anak ketiga dari sembilan bersaudara Jackson itu baru saja menggelar pertunjukan di Surrey, Inggris, bersama Jackie dan Marlon sebagai The Jacksons.

BACA JUGA: Puluhan Sketsa Bertanda Tangan Michael Jackson Dilelang, Pihak Keluarga Ragu Keasliannya

Sebenarnya pertunjukan selama musim panas di Inggris, California, dan Skotlandia itu berikutnya digelar pada 25 Oktober 204 di Atlantic City, New Jersey, dan 1 November 2024 di Cincinnati, Ohio.
Tito Jackson bersama empat saudaranya sebagai anggota The Jackson 5 dalam formasi lengkap yakni Michael, Jackie, Jermaine, dan Marlon. --People

Malah sebelum itu, Tito baru saja mengenang kepergian Michael. Bersama anggota The Jacksons, anak pasangan Joe dan Katherine Jackson itu mengunjungi tugu peringatan di Munich, Jerman, yang didedikasikan untuk Michael.

Dalam unggahannya di Facebook, Tito menulis: "Kami sangat bersyukur atas tempat istimewa ini yang tidak hanya mengenang kenangannya tetapi juga tentang warisan bersama kami. Terima kasih telah menjaga semangatnya tetap hidup".

BACA JUGA: Bergabung dengan Michael Jackson hingga Taylor Swift, BTS Jadi Artis Asia Pertama dalam Sejarah Capai 900 Penghargaan

Sebagai anggota The Jacksons 5, Tito meraih kepopuleran di bidang musik. Grup pop keluarga itu punya lagu-lagu hit sepanjang masa seperti I Want You Back, ABC, dan I'll Be There sepanjang tahun 70-an.

Ketenaran The Jacksons itu diakui dunia. Di antaranya masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 1997 dan mendapat penghargaan di Hollywood Walk of Fame. Musik memang segalanya buat Tito. Utamanya blues.

Genre musik yang telah membuatnya piawai memainkan gitar sejak usia 10 tahun setelah ayahnya memergokinya bermain gitar dan membelikannya gitar miliknya sendiri.  Blues jugalah yang membuatnya tetap ingin bermusik.
Tito Jackson (kiri) bersama Jackie dan Marlon ketika mengunjungi Michael Jackson Memorial di Munich, Jerman, sebelum manggung. --Facebook

BACA JUGA: Ayah Junghwan TREASURE Meninggal, TEUME Kenang Momen-Momen Mengharukan

"Dengannya saya ingin kembali ke panggung. Saya telah memainkan lagu-lagu The Jackson 5 hampir sepanjang hidup saya, tetapi blues telah menjadi musik utama di keluarga saya. Saya hanya ingin bermain musik,” tegasnya.

Meskipun tetap eksis bermusik hingga akhir hayatnya, sayang nama Tito dianggap publik sebagai The Jacksons 5 yang paling tak moncer. Inilah yang membuatnya menyimpan rasa sakit hati. Buat Tito, anggapan itu sangat menyinggungnya. 

Ia sempat menjelaskan bahwa ia memang sengaja menahan diri untuk tidak bersolo karier karena ingin fokus membesarkan ketiga putranya yakni T.J., Taj, dan Taryll, yang membentuk grup musik mereka sendiri, 3T.

Kategori :