Dipercaya Cak Imin Jadi Ketua Harian PKB, Inilah Profil Moncer Ais Shafiyah Asfar

Kamis 19-09-2024,20:36 WIB
Reporter : Satrio Sanggano Pratama
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY - Muhaimin Iskandar, ketua umum PKB, resmi memilih Ais Shafiyah Asfar sebagai ketua harian PKB periode 2024-2029. Terkait sosoknya itu, menurut Muhaimin, maka regenerasi PKB yang diisi oleh anak muda tidaklah salah.

Latar belakang pendidikan Ais yang bagus adalah alasan Cak Imin mengisi struktur PKB dengan anak muda. Menurutnya, regenerasi struktur PKB harus diisi oleh anak muda yang kompeten dan visioner. Seperti sosok Ais yang dipilihnya.

“Spektrum pekerjaan PKB semakin luas, maka saya harus berbagi tugas dengan ketua harian dalam berbagai bidang,” kata politikus yang akrab disapa Cak Imin itu di kantor Dewan Pengurus Pusat PKB, Rabu, 18 September 2024.

BACA JUGA: PKB Belum Diundang Prabowo untuk Bahas Jatah Menteri

Cak Imin menyebutkan, ketua harian PKB yang sekarang dipegang Ais, akan bertanggung jawab dalam pengorganisasian dan implementasi program mewakili ketua umum sehari-hari. Tugas ketua harian akan berbeda dengan ketua umum PKB. 

“Jelas beda. Kalau ketua harian ya akan melaksanakan tugas harian, maka ketua umum bertanggung jawab kepada seluruh program secara umum. Tetapi tentu ada koordinasi yang jelas antarkeduanya,” kata dia setelah pengumuman pengurus.

Sebelum menduduki jabatan yang sekarang, Ais adalah anggota DPRD Surabaya periode 2024-2029. Dia menjadi wakil rakyat dalam Pemilu 2024 mewakili dapil 1 Kecamatan Gubeng, Tegalsari, Genteng, Simokerto, Bubutan, dan Krembangan.

BACA JUGA: Luluk Yakinkan Kader PKB Untuk Pilih Dia

Ais aktif dalam berbagai kegiatan relawan. Dia pernah mengikuti student volunteer dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI). PPI dipilih Ais untuk mencari banyak relasi danmembuka ruang diskusi akademik dengan seluruh pelajar di Indonesia.

Dia pernah berpartisipasi dalam education volunteer dari Kelas Inspirasi Jember. Dengan kecakapannya itu, tak salah bila Ais dipercaya sebagai Juru Bicara Muda DPP PKB dan jubir Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.

Ais memiliki skill akademik memukau. Latar belakang pendidikannya tak main-main. Ia mendapatkan gelar S-1 dari University of Essex Inggris jurusan Marketing Management, serta S-2 dari Cardiff University Wales jurusan Political Communication.

BACA JUGA: Kekuatan Mas Iin-Abah Edy di Pilbup Sidoarjo: PDIP-PKB Bersatu di Koalisi 9 Parpol, Kuasai 68 Persen Kursi Dewan!

Kampus dan jurusan yang dipilih Ais sangat relevan dengan kedudukannya sekarang. Ditambah lagi, ia sekarang tengah menempuh studi S-3 di Universitas Airlangga Surabaya dengan mengambil jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan.

Tentu saja jurusan yang dipilih Ais sangatlah strategis pada bidang politik yang sedang dijalaninya sekarang. Penerapan yang dilakukan ketika menempuh pendidikan sangat berdampak pada partai politik yang ia duduki. Apalagi dengan tugas barunya.

Selain akademik, Ais adalah perempuan aktif dalam aksi sosial maupun relawan. Kegiatan yang ia pilih merupakan langkah Ais untuk memberikan cerminan pada seluruh anak muda di Indonesia. Dengan pengalaman yang ia kumpulkan, Ais percaya diri.

Kategori :