Flyover Teluk Lamong Habiskan Anggaran Rp 1,8 Triliun, Begini Spesifikasi Konstruksinya!

Sabtu 21-09-2024,12:15 WIB
Reporter : dave
Editor : Mohamad Nur Khotib

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Akhirnya, Flyover  (FO) Teluk Lamong sudah resmi beroperasi mulai 20 September 2024. Proyek yang dicanangkan Pelindo pada 2018 itu diharapkan bisa membuat efisiensi jalur logistik. 

Direktur Pengelola Putut Sri Mujianto mengungkap bahwa flyover sepanjang 2,4 kilometer itu menghabiskan dana yang besar. Yakni mencapai Rp 1,8 triliun. “Semua pengelolaan flyover nanti dipegang Pelindo,” jelasnya.

Lalu bagaimana spesifikasi konstruksi jembatan layang itu?

BACA JUGA:Semakin Dekat Dengan Uji Coba Flyover Djuanda, Tersisa Beberapa Pekerjaan Minor

BACA JUGA:Terminal Teluk Lamong dalam Angka: Capaian David Pandapotan Sirait dan Tim di Semester Pertama 2024


Data teknis pada konstruksi Flyover Teluk Lamong-Martinus Ikrar Raditya-

Ya, FO Teluk Lamong ini memiliki panjang 2,4 kilometer. Ada beberapa konstruksi yang dikerjakan. Yakni, unbridge, pekerjaan tiang pancang, pekerjaan bore pile, struktur beton, PC full deck slab, PC-I girder dan aspal.

Konstruksi unbridge merupakan jembatan modular baja prefabrikasi yang dipelopori oleh Prancis. 

Tak hanya itu, konstruksi unbridge pada FO Teluk Lamong itu merupakan bentangan paling panjang. Dengan menggunakan konstruksi jenis ini, efisiensi waktu pengerjaan bisa maksimal.

Sebab, pembangunan sambungan pin antar segmen girder tidak perlu dilas. Sehingga waktu untuk mengelas bisa dialokasikan pada pengerjaan yang lain.

Konstruksi tersebut memiliki struktur yang lebih ringan ketimbang struktur konstruksi lainnya. Meski sangat bisa mengefisiensi waktu, struktur konstruksi unbridge memiliki waktu maintenance yang lebih lama. Kurang lebih sekitar 100 tahun.

FO Teluk Lamong memiliki 10 tiang pancang yang menopang. Diameternya 0,6 meter. Dengan jarak antar tiang memanjang sekitar 7,5 meter dan melintang sekitar 10,5 meter. Di atas tiang pancang ada pile head yang ditopang. Tebalnya sekitar 0,6 meter dan lebar sekitar 1,4 meter. Serta ukuran slab sekitar 0,35 meter.

BACA JUGA:Catat Sejarah! Terminal Teluk Lamong Pecahkan Rekor Kapal Curah Terdalam: Draught 13,27 Meter

BACA JUGA:Terminal Teluk Lamong Resmi Operasikan Terminal Petikemas Nilam

Kemudian PC-I Girder memiliki tiang pancang antara 70 hingga 72 titik. Dengan diameter tiang antara 0,6 - 0,8 meter. Di setiap tiang pancang terdapat 1 pile cap dan 2 kolom.

Kategori :