Mengenal Teknik Yoga Aerial Sling, Varian Aerial Yoga Menggunakan Hammock

Senin 23-09-2024,07:39 WIB
Reporter : Melinda Rahma Puspa*
Editor : Retna Christa

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Teknik yoga semakin berkembang. Jika Anda sudah familiar dengan aerial yoga, maka ada varian baru yang bisa dipelajari. Namanya aerial sling.

Lotus Studio Surabaya mengadakan workshop menarik tentang aerial sling yang dipandu oleh Erna Tjhia.

Dalam workshop yang berlangsung pada 21-22 September 2024 itu, Erna Tjhia mengajarkan teknik aerial sling dalam dua sesi. Yakni buat para pemula, serta buat maupun yang sudah bisa, namun ingin memperdalam.

"Aerial sling merupakan salah satu variasi dari aerial performance yang menggunakan hammock," jelas Erna Thjia. "Bedanya, aerial sling lebih menitikberatkan pada gerakan berputar atau spinning," lanjutnya.

BACA JUGA:5 Gerakan Yoga Saat Puasa, Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

BACA JUGA:Lepas Stres dengan Sunset Yoga dan Aqua Yoga DIpandu Bodaz

Tidak seperti aerial yoga yang statis, aerial sling mengharuskan hammock diikat pada satu titik poros. Sehingga memungkinkan rotasi saat dilakukan. Hal itu memberikan tantangan tambahan bagi para pesertanya.


Erna Tjhia mempraktikkan aerial flow kepada peserta workshop di Lotus Studio East Surabaya. -Angelita Ariko Pinkan -HARIAN DISWAY

Sebagai perbandingan, aerial yoga menggunakan dua titik pengikat yang terpisah. Sedangkan aerial sling hanya menggunakan satu titik.

Selain itu, pergerakan pada aerial yoga lebih statis. Sementara aerial sling memungkinkan rotasi yang lebih dinamis. Itulah salah satu daya tarik aerial sling yang membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya.

Teknik Dasar Aerial Sling

Pada hari pertama workshop, peserta pemula diajarkan teknik dasar aerial sling. Setelah pemanasan dan stretching, para peserta diajak mengenal gerakan-gerakan seperti full standing A dan full standing B.

BACA JUGA:Wow! Praanvi Instruktur Yoga Termuda Dunia: 7 Tahun 165 Hari

BACA JUGA:Couple Yoga Sekuen Yin Yang Cocok Buat Kesehatan Fisik dan Mental

"Peserta yang sudah pernah mencoba aerial yoga akan lebih mudah beradaptasi dengan aerial sling," kata Erna. "Karena mereka sudah terbiasa menggunakan hammock dan memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik," jelasnya.

Kategori :