Presiden Jokowi Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana di KRI RJW-992

Minggu 29-09-2024,14:06 WIB
Reporter : Desi Nur Rachma*)
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo menerima penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dalam upacara yang digelar di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW-992), pada Sabtu, 28 September 2024.

Penyematan itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas dukungan dan pemerintahan Presiden Jokowi terhadap pengembangan dan peran penting armada kapal selam TNI Angkatan Laut.

Presiden Jokowi langsung menaiki KRI RJW-992 setibanya di Markas Komando Lintas LAut Militer (Kolinlamil) dan menuju geladak heli di kapal tersebut, tempat berlangsungnya acara.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Magnum Resort Nusantara di IKN

Setibanya presiden di geladak heli, rangkaian acara dimulai dengan penyematan Brevet kehormatan Hiu Kencana oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto kepada Presiden Jokowi.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penganugerahan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha kepada  KRI Nanggala-402.

Pasukan Petaka membawa Tunggul KRI Nanggala-402 menuju tempat penyematan dan menyerahkan kepada Komandan Satuan Kapal Selam Komando Armada II Kolonel Laut (P) Yulius Azz Zaenal.

Bendera Tunggul kemudian diarahkan kepada Presiden Jokowi untuk di sematkan tanda kehormatan. Ini menjadi simbol penghargaan negara kepada kapal selam yang  telah menjadi bagian penting dari sejarah TNI AL.

BACA JUGA:Theovanis, Prajurit TNI AL yang Rela Terluka Demi Perankan Yesus di Paroki Katolik Santo Mikael Surabaya

Presiden juga menyerahkan Patra atau plakat sebagai bentuk penghargaan kepada Komandan Satuan Kapal Selam Komando Armada II.

Acara berlangsung semakin meriah dengan demo alutsista oleh TNI AL yang menampilkan berbagai kemampuan bertempur. Atraksi tersebut mencakup demonstrasi kapal selam timbul cepat, demonstrasi Pasusla (pasukan khusus laut), Sailing Pass dan Fry Pass, serta manuver udara Rajawali Laut Flight (RaLF).

BACA JUGA:Prabowo Siap Kirim Kapal Rumah Sakit TNI AL ke Palestina Jika Mesir Mengizinkan

Acara ini berlangsung dengan sangat khidmat dan penuh kebanggaan. Sejumlah pejabat tinggi turut menghadiri acara penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana kepada presiden Jokowi.

Persembahan alutsista menjadi penutup yang mengesankan, memperlihatkan kekuatan angkatan laut Indonesia yang semakin modern dan siap menghadapi berbagai tantangan masa depan.

Dalam acara tersebut turut hadir Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agraria dan Tata ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurthi Yudhoyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Kepala Staff angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kategori :