Drama! Marc Marquez Gagal Raih Pole Position GP Jepang, Direbut Pedro Acosta si Rookie Tech3

Sabtu 05-10-2024,09:57 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY - Bukan MotoGP namanya kalau tidak dramatis. Sesi kualifikasi GP Jepang di Sirkuit Motegi, Sabtu pagi, 5 Oktober 2024 juga superseru.

Dalam penentuan posisi start dalam Sprint Race dan balapan pada Minggu, 6 Oktober 2024 itu, hasilnya menyesakkan bagi Marc Marquez dan para pendukungya.

Bagaimana tidak? Marc Marquez mencatatkan waktu tercepat hingga menit terakhir. Namun, ia gagal meraih pole position dan harus start dari posisi kesemblan.

Lho, kok bisa? Simak kronologinya berikut ini.

BACA JUGA:Pergerakan Paddock MotoGP: Aprilia Rekrut Fabiano Sterlacchini, Albesiano Gabung HRC

BACA JUGA:Bagnaia Kuasai Latihan Bebas MotoGP Jepang 2024, Ini Hasil Lengkapnya!

Jalannya Kualifikasi GP Jepang 2024


Marc Marquez gagal raih pole position GP Jepang, direbut Pedro Acosta. Foto: Marquez ketika menjalani flying lap di Motegi, 5 Oktober 2024. -Toshifumi Nakamura-AFP

Kualifikasi 2 GP Jepang 2024 berlangsung di bawah hujan. Gerimis sudah mengguyur Motegi sejak sesi latihan bebas 2 pada pagi. Namun, tidak ada tanda-tanda akan berhenti.

Dan ketika sesi itu dimulai, hujan bertambah deras. Makin banyak rainflags dikibarkan. Dan para penonton mulai mengenakan mantel atau mengembangkan payung.

Marc Marquez melihat bahaya datang dari trek yang makin basah. Maka, daripada mengikuti Francesco Bagnaia seperti biasa, ia menyalip motor merah Bagnaia, dan menjadi rider pertama yang memulai flying lap.

Alex Marquez juga menyalip Bagnaia di awal flying lap pertama. Tampaknya, sang juara dunia tidak terlalu nyaman dengan setting bannya. Ia juga disalip oleh rivalnya di perebutan gelar MotoGP 2024, Jorge Martin (Pramac).

BACA JUGA:Marc Marquez Akui Harapanya Juarai MotoGP 2024 Telah Berakhir

BACA JUGA:Miguel Oliveira Kecelakaan di Sirkuit Mandalika, Terancam Absen di Sisa Musim

Marc Marquez mencetak waktu 1 menit 45,744 detik. Dua detik lebih lambat dari Franco Morbidelli di Kualifikasi 1. Tapi cukup bagus untuk mempertahankan pole sementara.

Kategori :