Drama! Marc Marquez Gagal Raih Pole Position GP Jepang, Direbut Pedro Acosta si Rookie Tech3

Sabtu 05-10-2024,09:57 WIB
Reporter : Retna Christa
Editor : Retna Christa

Sementara itu, lap pembukaan Pecco Bagnaia yang terlalu hati-hati membuatnya berada di urutan ke-12.

Marc Marquez memangkas 1,6 detik dari lap pembukaannya untuk menjauhkan pole dari rival terdekat barunya, Pedro Acosta (Tech3). Bagnaia masuk pit dan ganti ban. Untung baginya, hujan tampaknya sudah berhenti.


Marc Marquez gagal raih pole position GP Jepang, direbut Pedro Acosta. Foto: Pecco Bagnaia menjalani flying lap di Motegi, 5 Oktober 2024. -Toshifumi Nakamura-AFP

Sementara itu, Jorge Martin menerobos ke sisi Alex Marquez di puncak Tikungan 10. Keduanya bersenggolan, tetap tidak jatuh.

Pada 6 menit tersisa, Bagnaia masih berada di urutan ke-12. Sementara Acosta memegang pole position sementara. Rider berstatus rookie itu melaju lebih dari Enea Bastianini (Ducati) dan Marco Bezzecchi (VR46).

BACA JUGA:Profil Aki Ajo, Manajer Tim KTM Musim Depan yang Pernah Lahirkan Marc Marquez

BACA JUGA:Jorge Martin Juarai MotoGP Mandalika 2024, Perebutan Juara Dunia Makin Panas

Pecco Bagnaia mengeluhkan kurangnya grip pada ban belakang. Itu ternyata bukan alasan semata. Setelah ganti ban, Bagnaia langsung gaspol dan merebut posisi ke-2, ketika waktu tersisa 4 menit.

Bagnaia sempat merebut posisi tercepat dari Pedro Acosta. Tetapi Marc Marquez tiba-tiba mencatatkan waktu 0,396 detik lebih cepat darinya. Ia mencetak rekor lap baru di Motegi!

Kualifikasi masih menyisakan dua menit. Tapi catatan waktu Marc Marquez akan sulit dikalahkan. Pole position benar-benar sudah di depan mata bagi juara dunia MotoGP 6 kali itu.

Namun, saat itulah terjadi drama. Pedro Acosta yang menempati posisi kedua menggeber motor di menit terakhir. Ia menyalip Peco Bagnaia yang melebar di lap terakhirnya.

BACA JUGA:GP Mandalika 2024: Martin Tercepat, Acosta dan Bagnaia Sempurnakan Podium

BACA JUGA:GP Indonesia 2024: Marc Marquez Finis Perdana di Mandalika, Pecco Bagnaia Menangi Sprint Race

Acosta mengancam pole time Marquez di lap terakhirnya... lalu catatan waktu Marquez tiba-tiba hilang!

Ternyata, pembalap Spanyol itu kedapatan melampaui track limit di Tikungan 4! Maka, Pedro Acosta mengambil posisi terdepan dari Bagnaia dan Maverick Vinales (Aprilia), dengan Marc Marquez turun ke posisi ke-9...

Ngomong-ngomong, di mana Jorge Martin, sang pemimpin klasemen pembalap?

Kategori :