Kemenag Gagas Peringatan Hari Santri 2024 dengan Tema Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan

Selasa 08-10-2024,11:44 WIB
Reporter : Rida Khumaida Nabila*)
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY – Kementerian Agama (Kemenag) dijadwalkan akan merilis logo, tema, dan theme song peringatan Hari Santri Nasional pada Rabu, 09 Oktober 2024.

Dirjen Pendidikan Islam Abu Rokhmad mengatakan bahwa Kemenag akan mendesain peringatan Hari Santri kali ini tidak sebatas kegiatan rutin.

Oleh karena itu, banyak rangkaian program yang dilakukan, mulai dari program bantuan, pendampingan santri, dan peningkatan SDM.

"Kami ingin memberikan pesan ke publik bahwa Oktober sebagai bulan santri, kita ingin mengajak santri dan publik memahami bagaimana perjuangan ulama zaman dahulu dalam mengusuir penjajahan dan mempertahankan kemerdekaan," terang Prof. Abu Rokhmad.

Ia menjelaskan bahwa 22 Oktober yang dicanangkan sebagai Hari Santri Nasional tersebut mengawali perjuangan 10 November (Hari Pahlawan). 

Dirjen Pendidikan Islam tersebut berharap, melalui peringatan ini para santri mendapat spirit kuat dari para ulama terdahulu yang tidak kenal lelah berjuang untuk Indonesia. 

BACA JUGA:Kemenag Siap Gelar Religion Festival untuk Sambut Hari Santri 2024

BACA JUGA:Pesan Pjs Wali Kota Pasuruan untuk Peserta Jelajah Santri VIII

Spirit ini diharapkan memotivasi mental santri dalam belajar terus-menerus, tidak hanya menuntut agama tapi juga ilmu lain.

Rangkaian peringatan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2024 mendatang, memiliki sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan seperti pelatihan start up, conten creator, serta artificiali intelligence guna membekali santri bahwa mereka hidup di dunia digital. 

"Ada juga Ekspo Kemandirian Pesantren, penanaman pohon, mayoran (syukuran dan makan bersama)," ujar Prof Abu.

Kemenag juga menggelar lomba video, foto, dan penulisan artikel, termasuk ucapan selamat Hari Santri.

"Pada 22 Oktober, Apel Hari Santri dilaksanakan seluruh komponen masyarakat, kementerian/lembaga, pemda, dan pondok pesantren. Puncak Hari Santri digelar di Jakarta," tandasnya.


Logo Hari Santri 2024--kemenag.go.id

Sejalan dengan harapan tersebut, Logo Hari Santri 2024 ini bertema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan. 

Kategori :