Jokowi Resmikan RS Hermina di IKN, Fasilitas Seperti Hotel Bintang 5

Jumat 11-10-2024,12:55 WIB
Reporter : Vini Vidi Aulia D*)
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit Hermina Nusantara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Jumat, 11 Oktober 2024.

“Seperti hotel bintang 5. Saya sangat menghargai kecepatan pembangunan dari RS Hermina ini,” kata Jokowi melalui siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden.

Pembangunan RS Hermina menghabiskan waktu 10 bulan. Total investasi untuk pembangunan RS Hermina Nusantara mencapai Rp 650 miliar. Upacara peletakan batu pertama dilakukan oleh presiden RI Ke-7 itu pada 1 November 2023. 

BACA JUGA:Jokowi Buka Nusantara TNI Fun Run 2024 di IKN

BACA JUGA:Panjang Runway Bandara IKN Ditambah, Akan Kembali Uji Coba Pendaratan dengan Pesawat Lebih Besar

Sebelumnya, RS Hermina telah melakukan soft opening pada 19 Agustus 2024. Rumah sakit itu memiliki delapan lantai dengan luas 28.000 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 20.718 meter persegi.

Jokowi juga mengharapkan kehadiran RS Hermina dapat mendorong pembangunan ekosistem di IKN, “Di dalam (RS Hermina) sudah ada 3 pasien yang dirawat, ini akan memberikan kepercayaan bagi Aparatur Sipil Negara, yang segera akan kita pindahkan ke IKN.”

Selain rumah sakit, ada juga apartemen dan juga kantor yang dijadwalkan selesai pembangunannya pada bulan November nanti.

BACA JUGA:Jokowi Groundbreaking Australian Independent School Nusantara di IKN

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Magnum Resort Nusantara di IKN

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas mengatakan Presiden Jokowi telah memerintahkan ASN per Januari 2025. Pemindahan ASN ke IKN direncanakan pada bulan September 2024.

Tapi, hingga awal bulan Oktober ini kegiatan pemindahan ASN ke IKN belum juga dilakukan.

"Semalam saya dapat perintah dari Bapak Presiden melalui Pak Pratikno dapat perintah pada bulan Januari ASN pindah ke IKN," ujar Anas dalam Gebyar Pelayanan Prima di Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2024

*) Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, Peserta MBKM di Harian Disway

Kategori :