Perolehan Kursi Perempuan di DPR RI Tertinggi dalam Sejarah, Capai 127 Kursi

Senin 14-10-2024,10:04 WIB
Reporter : Rida Khumaida Nabila*)
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY – Perolehan kursi perempuan di DPR RI periode 2024–2029 menjadi yang tertinggi dalam sejarah, yakni sebanyak 127 orang.

Tercatat adanya peningkatan dari jumlah Anggota Legislatif perempuan DPR RI periode sebelumnya yang berjumlah 120 orang.

Anggota DPR RI Siti Mukaromah menyoroti hal tersebut dan mengungkapkan bahwa situasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 memiliki tantangan yang berbeda dari pemilu sebelumnya. 

Kehadiran calon anggota legislatif baru, baik di internal maupun dari partai lain, menjadi salah satu indikator kaderisasi di partai politik berjalan dengan baik.

“Hal ini akan menjadi angin segar bagi isu dan kebijakan, khususnya yang berpihak pada perempuan, ibu, anak, dan keluarga,” kata Siti Mukaromah di Jakarta, pada Minggu 13 Oktober 2024.

BACA JUGA: DPR RI Bikin Badan Aspirasi Raykat, Ingin Kampung Keluhan, Partisipasi Publik, hingga Aspirasi Pendemo

BACA JUGA: Dukung DPR Penerapan UU TPKS, Dorong Pemberatan Hukuman bagi Predator Seksual


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR/DPD/MPR RI Periode 2024-2029 pada Selasa, 1 Oktober 2024-Kris-Sekretarian Presiden

Strategi dalam perolehan suara pun berbeda-beda, sehingga hal ini menjadi salah satu tantangan tersendiri.

“Masyarakat beralih dukungan adalah hal yang biasa dalam pemilu kemarin. Ada yang idealis dan tidak sedikit juga yang pragmatis,” kata Politisi Fraksi PKB ini.

Namun, Ia menilai bahwa salah satu yang menjadi kelebihan dari politisi perempuan adalah keluwesan dalam menghadapi situasi di lapangan.

Diketahui, sebanyak 580 orang anggota DPR RI dan 152 orang anggota DPD RI yang terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang hasil Pemilu Legislatif 2024 untuk periode 2024–2029 dilantik pada 01 Oktober lalu di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta. 

BACA JUGA: Perjalanan Deni Wicaksono Pimpinan DPRD Jatim Termuda, dari Naik Angkot ke Kursi Parlemen

BACA JUGA: Paslon Erjon dan Anggota DPRD Seluma Beri Bantuan Kepada Korban Banjir dan Longsor

Anggota DPR yang dilantik bertambah dari 575 menjadi 580 orang, sedangkan anggota DPD RI bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan periode sebelumnya.

Kategori :