Jokowi Terima Penghargaan Loka Praja Samrakshana dalam Apel Pengamanan Pelantikan Presiden Terpilih

Senin 14-10-2024,12:18 WIB
Reporter : Desi Nur Rachma*)
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo memimpin apel kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin, 14 Oktober 2024. 

Presiden Jokowi tiba di Mako Brimob disambut langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Presiden tampak mengenakan topi baret Brimob polri dan mengenakan jas hitam.

Kemudian, presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto memasuki wilayah upacara secara bersama-sama menaiki mobil Pindad Maung. Terlihat dibelakangnya diikuti Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto daan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menaiki jenis kendaraan yang sama.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti kepada Tujuh Satuan Kerja Polri

Apel dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Saat apel akan dimulai, Presiden Jokowi menuju mimbar kehormatan dan mendapat penghormatan. Dilanjutkan dengan laporan komandan apel kepada jokowi.

“Lapor apel kesiapan pengamanan dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI dan penganugerahan tanda kehormatan siap dimulai,” Kata komandan apel di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Senin 14 Oktober 2024.

Presiden Jokowi menjadi pemimpin apel yang dihadiri sekitar 15.000 personel Polri. Dalam apel ini, Presiden Jokowi menerima penghargaan Loka Praja Samrakshana dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit karena telah berperan besar dalam pengembangan organisasi korps Bhayangkara.

Medali kehormatan tersebut diberikan berdasarkan Keputusan Kapolri nomor Kep/1723/X/2024 tentang Tanda Kehormatan dan Keselamatan Publik.  Sebagai Informasi, Pakar linguistik dari Universitas Indonesia, Atin Fitriana menjelaskan Loka Praja Samrakshana merupakan bahasa Sansekerta. Loka Praja Samrakshana, katanya, dapat diartikan perlindungan  terhadap masyarakat, bangsa dan negara. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bakal Anugerahi Nugraha Sakanti untuk 7 Satker Polri

“Secara umum kata loka dan praja dapat mengacu pada hal yang sama yaitu negara dan rakyat. Akan tetapi makna tempat hanya dimiliki oleh kata loka. Dalam hal ini, loka dapat berarti suatu negara sebagai wilayah, sedangkan praja dapat berarti suatu bangsa atau masyarakat,” Jelas Atin, dikutip dari keterangan tertulis.

Tak hanya itu, Jokowi juga memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada 7 satuan kerja di lingkup instansi Polri atas pengabdian mereka terhadap bangsa dan negara.

Tujuh satuan kerja yang menerima tanda kehormatan Nugraha Sakanti adalah Bareskrim Polri, Baharkam polri, Korbrimob Polri, Divisi Hubungan Internasional Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Anti teror Polri dan Pusdokkes Polri.

*) Mahasiswa Politeknik Negeri Malang, Peserta program magang reguler Harian Disway

Kategori :